Partai Ummat Siapkan 63 Caleg Potensialnya, Target Tujuh Kursi di Parlemen Sulsel

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Sulawesi Selatan (Sulsel) hanya mendaftarkan 63 bacalegnya ke KPU hari ini. Partai Ummat Sulsel tak mendaftarkan bacaleg di daerah pemilihan (dapil) 10.

"Ada kita usulkan kita 63 Bacaleg, ada satu dapil yang tidak bisa kita penuhi yaitu dapil 10, Tana Toraja dan Toraja Utara," kata Ketua DPW Partai Ummat Sulsel Abdul Hakim kepada wartawan di KPU Sulsel, Makassar, Sabtu (13/5/2023).

Hakim mengatakan Partai Ummat telah bekerja maksimal merekrut bacaleg di dapil 10. Hanya saja usahanya itu tidak membuahkan hasil.

"Kita sudah bekerja maksimal dan berusaha, namun sampai hari ini tidak bisa," tuturnya.
Di sisi lain, Hakim menyebut minimnya peminat dari dapil 10 bukan karena Partai Ummat hanya membuka peluang pada agama tertentu. Dia menegaskan Partai Ummat terbuka untuk semua orang.

"Tidak, partai ini partai ummat, ummat yang mana saja. Jadi tidak ada pengecualian, semua ummat boleh, silakan," ucapnya.

Terkait target di Pileg Sulsel 2024, Hakim tidak memasang target besar. Dia hanya akan mengusahakan perolehan 7 kursi untuk kadernya agar duduk sebagai legislator Sulsel.

"Kalau kiranya dilaksanakan pemilu hari ini, maka kita targetkan 7 kursi," tutupnya.

Terpisah, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulsel Asram Jaya menyebut Partai Ummat tetap memenuhi syarat meski hanya mendaftarkan 10 dapil untuk Pileg nanti.

"Partai Ummat hanya mendaftarkan 10 Dapil. Yang rugi partai kalau mereka tidak mendaftarkan bacalegnya di semua dapil. Dapil 10 yang tidak masuk, itu wilayah Toraja," tambahnya.

Untuk kursi DPR RI dari Dapil Sulsel 3 diisi 90 persen perempuan. Mereka adalah 1. Bambang Hermanto, 2. Hesthi Prastiwi, 3. Reni Ftri Yanti, 4. Robi'a Al Imama, 5. RR. Riesty Septiany, dan 6. Heni Wijayanti.

Untuk DPRD Sulsel Dapil XI Luwu Raya, Partai Ummat hanya menyiapkan 1 calegnya. Yakni, 1. Hasbullah Idris, S.Pi.(idris prasetiawan)

6 Caleg DPR RI Partai Ummat Sulsel 3

  1. Bambang Hermanto
  2. Hesthi Prastiwi
  3. Reni Ftri Yanti
  4. Robi'a Al Imama
  5. RR. Riesty Septiany
  6. Heni Wijayanti

1 Caleg DPRD Sulsel Dapil XI Luwu Raya

  1. Hasbullah Idris, S.Pi
  • Bagikan