Cegah Perut Buncit, Berikut Daftar Makanan Yang Cocok Untuk Dikonsumsi

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Selain bikin tak percaya diri, perut buncit bisa menjadi penyebab risiko sejumlah penyakit seperti obesitas dan fatty liver. Karena itu, perlu mengonsumsi sejumlah daftar makanan yang bisa mencegah perut buncit.

Kondisi perut buncit disebabkan oleh timbunan lemak perut yang dikenal dengan sebutan visceral fat. Timbunan lemak ini bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan karena letaknya yang dekat dengan organ dalam tubuh.

Ahli gizi terdaftar dari Colorado, Amerika Serikat, Janet Coleman mengatakan lemak visceral tergolong sebagai lemak yang sangat sulit untuk dikurangi.

Tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup sehat bisa membantu mengecilkan kadarnya, sekaligus meningkatkan kesehatan.

''Jika anda menginginkan kesehatan secara menyeluruh dan mengecilkan lingkar perut melalui olahraga dan perubahan pola makan, yang meliputi makan lebih banyak serat dan protein dan minum cukup air untuk tetap terhidrasi," kata Janet Coleman dikutip dari Health Shots

Berikut ini daftar makanan yang bisa mencegah perut buncit akibat lemak.

  1. Oatmeal

Oatmeal atau gandum terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga jenis makanan ini kerap dijadikan sebagai bahan untuk sarapan super karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kandungan serat gandum yang sangat tinggi sangat ampuh untuk menstabilkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol mengurangi resiko penyakit kronis dan membantu mengelola penurunan berat badan.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa orang mungkin menghindari kacang-kacangan karena tinggi kaori dan lemak. Namun jika menghitung kalori dan dapat memasukkan beberapa kacang ke dalam makanan tanpa melebihi asupan kalori harian yang direkomendasikan.

Dikutip dari Bussines Insider, kacang-kacangan kaya akan lemak baik yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi resiko diabetes tipe II.

Kacang adalah makanan penurun berat badan yang bagus yang membantu mencegah perut buncit karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi.

  1. Buah

Buah adalah makanan yang baik untuk ditambahkan sebagai menu sarapan untuk membantu mengecilkan lemak perut penyebab perut buncit.

Hal ini disebabkan karena buah dapat membantu mengekang keinginan seseorang untuk mengonsumsi gula sepanjang hari dan dapat membuat kenyang untuk waktu yang lebih lama karena kandungan seratnya. (jawapos/pp)

  • Bagikan