Atlet Domino Asal Pinrang Bawa Pulang Kerbau Bupati Cup Satu Tana Toraja

  • Bagikan

Ketua Pordi Sulsel, H. Andi Baso Ryadi Mappasulle dan Ketua Pordi Tana Toraja, Welem Sambolangi berfoto bersama juara pada malam final Tournament Domino Bupati Cup 1 Tana Toraja di gedung Tammuan Mali, Kecamatan Makale, Tana Toraja. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Juara Tournament Domino Bupati Cup 1 Tana Toraja diraih pasangan atlet asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tournament domino tingkat Provinsi Sulsel dan Sulbar itu digelar pengurus Perkumpulan Olahraga Domino (Pordi) Kabupaten Tana Toraja bekerjasama Pordi Sulsel selama dua hari, mulai tanggal 25 sampai 26 Agustus 2023 di Gedung Tammuan Mali, Kecamatan Makale.

Berikut daftar juara tournament yaitu juara 1 diraih pasangan Rahman dan Bram asal Pinrang, juara 2 Hermansyah dan Andi Tenri Jokowi Lolo asal Soppeng, juara 3 Guntur A dan Joharuddin asal Tana Toraja dan juara 4 Muhammad Sabit dan İkbal asal Sinjai.

Selanjutnya juara 5 Ma’ruf Badawi dan Arsyab asal Wajo, juara 6 Jumaidi dan Sudirman asal Tana Toraja, juara 7 Abd. Samad dan Arfandi asal Bulukumba, juara 8 Anshar dan Jemy asal Mamuju, Sulawesi Barat.

Ketua Pordi Tana Toraja, Welem Sambolangi bersama Ketua Pordi Sulsel, H. Andi Baso Ryadi Mappasulle memberikan selamat kapada pemenang lomba yang telah diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah, bahkan ada dari DKI Jakarta.

“Selamat kepada pemenang lomba, seperti yang kita umumkan sejak awal juara 1 membawa pulang satu ekor kerbau,” ujar Welem, Senin (28/8/2023).

Penyerahan hadiah akan diserahkan panitia dan Bupati Theofilus Allorerung pada puncak perayaan HUT ke-66 Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja ke-776 tahun.

Pengurus Pordi Sulsel dan Tana Toraja menyiapkan hadiah sebesar Rp.100 juta bagi pemenang lomba yang telah diumumkan pada final antara atlet Pinrang dan Soppeng.

“Total peserta sejak pendaftaran dibuka yaitu 777 orang dan angka itu diambil dari falsafah sanda pitunna (bahasa Toraja) yang artinya Aluk Pitung Sa’bu Pitu Ratu’ Pitung Pulo Pitu (777) karena sebagai kesatuan adat, agama dan aturan bagi orang Toraja pada saat itu tak terhitung banyaknya,” terang Welem.

Anggaran atau biaya selama pelaksanaan tournament bersumber dari para donatur dan sponsor.

“Kita memilih kerbau hadiah juara satu karena memiliki nilai tertinggi di Toraja, juga sebagai langkah mengangkat kearifan lokal Toraja,” pungkasnya.

Diketahui pelaksanaan turnament domino Bupati Cup 1 Tana Toraja digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, HUT Kabupaten Tana Toraja ke-66 dan Hari Jadi Toraja ke-776. (Risna)

  • Bagikan