Putra Sulung Mantan Mentan AAS Lamar Gadis Bugis Soppeng, Wow! Uang Panai Rp10 Miliar

  • Bagikan

Andi Amran Sulaiman menggelar lamaran atau mappettuada putra sulungnya, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman di Hotel Claro Makassar, Minggu (3/9/2023).

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kabar gembira datang dan Pengusaha Nasional asal Sulawesi Selatan sekaligus Mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman.

Ketua Umum IKA Unhas ini, menggelar prosesi lamaran atau mappettuada putra sulungnya, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman di Hotel Claro Makassar, Minggu (3/9/2023).

Andi Amar Ma'ruf Sulaiman melamar Ihsani Nurul Izzah (Enon) putri pertama pasangan H Harsono Muhammad dan Hj Raizah Azizah Ramli.

Prosesi sakral sebagai langkah awal bagi sebuah pasangan untuk menuju jenjang pernikahan ini dihelat secara khidmat, elegan, dan penuh makna yang hanya dihadiri keluarga besar kedua calon pengantin.

"Hanya dihadiri keluarga besar. Keluarga dari Pak Amran beliau 12 bersaudara, kemudian istrinya 16 bersaudara. Ditambah sepupu-sepupu, keponakan, cucu. Termasuk keluarga dari calon pengantin perempuan. Mungkin sekitar lebih dari 500 orang," ungkap informan terpercaya fajar.co.id.

Keluarga besar bos Tiran Group itu rencananya melaksanakan akad nikah putra tertua mereka pada Februari atau Maret 2024 mendatang.

Informan tersebut belum mau membocorkan lebih detail sosok wanita yang akan dilamar putra Amran.

Yang pasti kata dia, perempuan tersebut berasal dari keluarga baik-baik dan bukan keluarga pejabat maupun ningrat.

"Calon istri Andi Amar orang biasa. Teman kuliahnya di Unhas. Kalau tidak salah orang Soppeng," tuturnya.

Adapun uang panai sebagai elemen wajib dalam tradisi pernikahan di masyarakat Bugis-Makassar yang disiapkan keluarga Amran senilai Rp 10 miliar meliputi 2 kilogram emas, dua unit mobil, dan satu rumah.

Uang panai bermakna uang yang diberikan calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita untuk membiayai pernikahan mereka.

Uang panai dapat juga diartikan sebagai simbol dari perjuangan, keuletan, serta keseriusan calon mempelai pria dalam meminang calon mempelai wanita.

"Uang lamarannya atau uang panai Rp 10 miliar yang mencakup 2 kilogram emas, mobil, dan rumah. Acara mappettuada di Hotel Claro. Sudah dibooking semua kamar hotel di hari H," bebernya.

Andi Amar Ma'ruf Sulaiman merupakan tokoh muda asal Sulsel yang namanya telah menasional melalui berbagai organisasi yang dijajakinya.

Putra pertama dari 4 bersaudara ini ini dipercaya menakhodai AAS Community. Ia punya segudang prestasi baik dari akademis maupun di organisasi.

Amar adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin dan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Di usianya yang baru 23 tahun, ponakan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ini telah diberi kepercayaan memegang kendali sejumlah perusahaan.

Antara lain sebagai Owner Syirkah Studio, Komisaris PT AAS Mineral Mandiri, Direktur PT Penambangan Nikel AASDIN.

Ia juga tercatat sebagai Presiden Direktur PT Andi Nurhadi Mandiri, Komisaris PT Sulawesi Sumatera Nusantara, Direktur PT Tiran Fero Nusantara.

Di organisasi, ia tercatat sebagai Bendahara I Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Periode 2023 - 2027. Ia juga aktif di KNPI Sulsel sebagai Bendahara.

Andi Amar juga berkecimpung di partai politik. Ia tercatat sebagai kader Partai Gerindra. Amar merupakan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Gerindra DPR RI.

Pada Pemilu 2024, Amar akan bertarung di daerah pemilihan Sulawesi Selatan II (Dapil Sulsel II) meliputi Kabupaten Barru, Bulukumba, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Soppeng, Wajo dan Kota Parepare. (*)

  • Bagikan