Wow! Ini Deretan Crazy Rich Sulsel yang Lamar Kekasih dengan Uang Panai Selangit, Putra AAS Pecahkan Rekor

  • Bagikan
Acara lamaran atau mappettuada Andi Amar Ma'ruf Sulaiman putra pengusaha Andi Amran Sulaiman di Hotel Claro Makassar, Minggu 3 September 2023. -fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Uang panai bagi masyarakat Sulsel tidak asing lagi. Uang panai terkadang menjadi penghalang sesorang menjadi suami istri karena besarannya tidak bisa dipenuhi sang lelaki.

Tapi, bagi Crazy Rich Sulsel tidak ada kendala. Seperti pengusaha nasional asal Sulawesi Selatan, Andi Amran Sulaiman pecahkan rekor. Putra sulungnya, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman melamar seorang gadis Bugis Soppeng-Sidrap dengan uang panai senilai Rp10 miliar.

Mantan Menteri Pertanian RI periode 2014-2019 ini menggelar acara lamaran atau mappettuada di Hotel Claro Makassar, Minggu, 3 September 2023.

Tak tanggung-tanggung, sang putra yang rencananya akan mempersunting Ihsani Nurul Izzah (Enon) pada Maret 2024 mendatang dilamar dengan seperangkat alat salat 88 real, satu setel perhiasan emas berlian, 2 kilogram logam mulia, uang belanja Rp 2 miliar, satu unit mobil merk Alphard, serta satu buah rumah mewah.

Jika ditotal nilainya mencapai Rp 10 miliar.

Masyarakat Sulawesi Selatan sudah sejak lama dikenal dengan uang panai yang bernilai fantastis.

Uang panai atau juga disebut dui menre adalah uang belanja yang diberikan calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai wanita untuk menunjang pesta pernikahan.

Uang panai dapat juga diartikan sebagai simbol dari perjuangan, keuletan, serta keseriusan calon mempelai pria dalam meminang calon mempelai wanita.

Saat ini, uang panai seakan menentukan status sosial seseorang. Dikutip dari jurnal Al Qitshi uang panai secara ekonomi membawa pergeseran kekayaan. Bahkan, pembahasan uang panai terkadang menjadi pembahasan utama dari lainnya.

Jumlah yang dibawa pihak pria ke pihak perempuan bervariasi. Masyarakat bugis menilai uang panai ini adalah rangkaian wajib yang tidak boleh dilewatkan.

Tradisi ini telah dimulai sejak zaman kolonial Belanda. Kala itu penjajah terlalu mudah menikahi gadis Bugis Makassar dan seenaknya menambah istri. Hal ini kemudian seakan menjadikan para gadis tidak ada artinya.

Budaya ini semakin mengakar pada masa kejayaan Kerajaan Bone dan Gowa Tallo. Kala itu jika ada yang berniat menikahi orang kerajaan, maka harus membawa seserahan sesuai kemampuannya.

Hingga kini, budaya tersebut makin berkembang sesuai zaman. Tidak heran jika nilai fantastis uang panai saat ini semakin banyak ditemui.

Bertolak ke belakang, beberapa crazy rich Sulsel juga memberikan uang panai fantastis untuk calon istrinya. Berikut ulasannya.

Putra Andi Amran Sulaiman

Andi Amar Ma'ruf Sulaiman viral setelah memberikan uang panai kepada calon istrinya Ihsani Nurul Izzah (Enon) senilai Rp 10 miliar.

Anak tertua bos Tiran Group itu rencananya akan menggelar akad nikah dan resepsi pada Maret 2024 mendatang. Sosok gadis yang akan dinikahi berasal dari Soppeng.

Andi Amar Ma'ruf Sulaiman merupakan tokoh muda asal Sulsel yang namanya telah menasional melalui berbagai organisasi masyarakat dan politik yang dijajakinya.

Sedangkan Ihsani Nurul Izzah berasal dari keluarga pengusaha jual beli mobil. Enon sapaan karibnya adalah sarjana ekonomi Universitas Hasanuddin.

Amar dan Enon pertama kali bertemu di Unhas saat keduanya menempuh pendidikan di kampus yang sama.

Zasha Natasya, si Gadis Bone

Pernikahan dua sejoli yang berlangsung pada 30 Mei 2022 lalu tidak kalah menghebohkannya. Zasha Natasya gadis asal Kabupaten Bone, dilamar oleh Gonthor Riantory Aziz.

Gonthor mempersembahkan uang panai sejumlah 10 ribu dollar Singapura, 2 setel berlian, rumah mewah seharga Rp 6 miliar dan emas 88 gram.

Tidak hanya uang panai, Gonthor memberikan mahar seperangkat alat salat, uang 88 riyal, satu set perhiasan emas, cincin nikah, logam mulia dari ujung kepala.

Momen ini berlangsung di kediaman orang tua mempelai wanita di Jalan Pisang, Kelurahan Jeppee, Kecamatan Taneteriattang Barat, Bone.

Gonthor adalah pria asal Palembang, Sumatera Selatan yang bekerja di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta. Keduanya bertemu di Jakarta.

Pegawai BUMN Nikahi Dokter

Sebuah pernikahan yang berlangsung di Desa Labolong, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang menjadi perbincangan.

Pernikahan yang berlangsung pada 27 Juni 2023 itu viral karena uang panai yang dipersembahkan mempelai laki-laki.

Andi Bastian Basri berasal dari Desa Labolong. Dia merupakan karyawan di BUMN Sucofindo.

Andi Bastian memberikan uang panai kepada calon istrinya senilai Rp 5 miliar. Nilai ini terbagi atas uang Rp 299 juta dengan tambahan sawah, empang, tanah, emas dan berlian.

Sosok mempelai wanita adalah seorang dokter bernama dr Fitrianisa yang merupakan PNS yang bekerja di RSUD Kota Bogor.

Haji Ajis Kalla

Media sosial sempat diguncang dengan seorang pria bernama H Ajis Kalla yang meminang gadis bernama Nadia Margreza dengan uang panai lebih dari Rp 3 miliar.

Uang panai ini berupa satu unit rumah senilai Rp 3 miliar, uang Rp 300.777.000 dan satu set berlian.

Pernikahan dari Pengusaha hingga lurah ini seketika menggemparkan jagad sosial media sepanjang tahun 2020. Nadia dan Haji Ajis resmi menikah pada 17 Desember 2020 lalu.

Haji Ajis adalah seorang pengusaha asal Makassar. Pemilik dari sejumlah cafe. Diantaranya Warkop Al-Azis, Warkop Aleta, Country Cafe & Resto (CCR). Dia juga menggeluti sejumlah usaha lainnya.

Sedangkan Nadia yang berasal dari Malangke Barat, Luwu Utara merupakan seorang pengusaha fashion. Dia memiliki butik pakaian.

Putra Syaharuddin Sewang

Pengusaha kaya raya asal Gowa, Omar Muhammad Sahar meminang Aqilla Nadya Zalsabilah pada Februari lalu dengan uang panai sebesar Rp 3 miliar.

Tidak hanya uang, bersama dengan itu Nadya juga diberikan satu unit rumah, sebuah mobil dan berlian.

Prosesi lamaran berlangsung di Kelurahan Cabbengnge, Kecamatan Lilirilau, Soppeng, pada Senin (10/2/2020) lalu.

Omar Muhammad Sahar adalah putra pengusaha sukses, Syaharuddin Sewang.

Omar telah memulai usahanya sendiri sejak umur 18 tahun dan berhasil menjadi distributor alat berat buatan Cina. Dia adalah mantan ketua HIPMI Gowa.

Sedangkan, sosok istri Omar adalah seorang dokter muda yang berasal dari Kabupaten Soppeng.

Anak Tukang Becak Jebolan Dangdut Academy Putri Isnari

Penyanyi Dangdut jebolan Dangdut Academy, Putri Isnari dilamar kekasihnya bernama Abdul Azis. Sosok kekasih Putri merupakan anak dari bos tambang dari Kalimantan Timur, Haji Alwi Ruslan.

Sementara Putri berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya adalah tukang becak.

Tak heran jika Azis mempersembahkan uang panai bernilai fantastis.

Azis memberi Rp 2 miliar untuk meminang sang kekasih.

Bukan rahasia umum lagi nilai uang panai di Sulawesi Selatan memang terkenal fantastis. (fajar/pp)

  • Bagikan