Marak Tambang Galian C Diduga Ilegal, Wabup Toraja Utara: Kami Prihatin Melihat Kondisi Alam yang Rusak

  • Bagikan

Frederick Victor Palimbong ,Wabup Toraja Utara, sekaligus Ketua Partai Gerindra Toraja Utara. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO - Wakil Bupati Toraja Utara, turut prihatin melihat maraknya kembali beroperasi tambang batu galian c yang terus-menerus mengeruk batu gunung dengan memakai alat berat excavator, yang tentunya selain merusak lingkungan juga membuat bising telinga.

Meskipun demikian,pemerintah daerah hingga saat ini belum bisa mengambil tindakan tegas ,karena itu rananya aparat penegak hukum Polres Toraja Utara.

Saat ini,aktivitas penambangan juga mengakibatkan adanya bunyi suara bising dan dentuman saat breaker alat berat excavator menambang batuan gunung. Suara dentuman keras muncul akibat hantaman breaker excavator yang menumbuk permukaan batuan gunung untuk dipecahkan.

Menyikapi hal tersebut Wabup Toraja Utara Frederick Victor Palimbong, Minggu, 10 September 2023 kepada Palopopos.com menyampaikan Terimakasih sudah memberi atensi ke tambang ilegal yang sangat merusak lingkungan dan pemandangan.Dan tentu ini sangat memprihatinkan melihat kondisi alam seperti itu.

"Iya orang bilang bikin 'nyesek' lihat kerusakan seperti itu. Padahal di belakangnya di sekitar Buntu Loba sudah dimasukkan kawasan geopark. Pemda Toraja Utara sudah membiayai konsultan untuk geopatk dan masterplan di tahun anggaran 2021 dan 2022", ungkap Dedy Palimbong sapaan akrab Wabup Toraja Utara ini ,yang juga Ketua Partai Gerindra Toraja Utara.(Albert)

  • Bagikan