Pertamina Go Live Program PADMA, Digitalisasi Refuelling Avtur untuk 6 Depot Pengisian Pesawat Udara

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MANADO – Pertamina Patra Niaga kembali melakukan Go Live Program Pertamina Aviation Fuel Delivery Management (PADMA) setelah sebelumnya telah diaplikasikan di 6 bandara s.d 2022. PADMA merupakan salah satu program strategis Direktorat Pemasaran Pusat & Niaga di tahun 2023 yang merupakan sebuah aplikasi terkait refuelling management system yang dikembangkan secara mandiri oleh Pertamina.

Go live PADMA dilakukan di area DPPU Sam Ratulangi kota Manado pada 20 September 2023 yang menandai fase operasional program tersebut untuk 6 DPPU yaitu DPPU Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, DPPU Yogyakarta International Airport Kulonprogo, DPPU Sentani Jayapura, DPPU Dominique Edward Osok Sorong, dan DPPU Sam Ratulangi Manado. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, VP Industrial & Marine Fuel Business Pertamina Patra Niaga serta Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dan tim.

Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya pada kegiatan tersebut menjelaskan “Pada kegiatan operasional sebelumnya, refuelling ini dilakukan secara manual, mulai dari penjadwalan, alokasi sumberdaya, refuelling avtur, penyelesaian tiket, transaksi data secara otomatis kedalam sistem hingga invoicing kepada customer, jadi meminimalisir adanya potensi human error atau kesalahan pada pengguna. Dengan adanya digitalisasi, harapannya ada integrasi data dalam setiap proses refuelling sehingga pelayanan kepada konsumen dapat dilaksanakan lebih tepat waktu, lebih akurat, efektif dan efisien, serta turut mendukung upaya stakeholder dalam menerapkan program Smart and Digital Airport di Indonesia” jelasnya.

Maya Kusmaya menambahkan, Pertamina Patra Niaga saat ini resmi mengoperasikan dan memperbanyak DPPU yang mengimplementasikan sistem digitalisasi PADMA guna mendukung proses pengisian ulang “Pertamina Patra Niaga menerapkan digitalisasi proses refuelling atau pengisian ulang bahan bakar di sejumlah bandara. Langkah ini seiring meningkatnya kebutuhan Avtur, terutama di bandara-bandara besar di Indonesia yang menuntut Pertamina berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan” ucapnya.

Dalam agenda tersebut, diawali dengan pemutaran Video Digital Refuelling Operation yang memberikan gambaran singkat secara visual mengenai program PADMA, kemudian dilanjutkan dengan arahan Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Pertamina Patra Niaga sekaligus menyapa lokasi DPPU yang Go Live dan dalam proses seremonialnya dengan menekan tombol peresmian yang menandai bahwa program ini telah resmi berjalan.

Senada dengan itu, Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, menyampaikan "Komitmen kami adalah berinovasi, bagaimana Pertamina menyalurkan energi kepada masyarakat bisa makin lebih baik, ada layanan baru sesuai dengan tren masyarakat, disinilah peran digital menjadi kuncinya. Saat ini DPPU Sam Ratulangi memastikan kehandalan sarana dan fasilitasnya dengan mengusung konsep Digital” ujarnya.(rls/idr)

  • Bagikan