SMAN 8 Lutra Adakan Maulid

  • Bagikan

Masamba- SMAN 8 Luwu Utara, Rabu, 27 September 2023 atau bertepatan 11 Rabiul Awwal 1445 H, melaksanakan peringatan Maulid atau hari kelahiran Nabi Muhammad saw.
Acara peringatan maulid kali bertemakan, "Peringatan Maulid Nabi Sebagai Sarana Meningkatkan literasi keagamaan untuk menyongsong era digital".
Tampil sebagai pembawa hikmah Maulid adalah Direktur Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Arqam Balebo Kabupaten Luwu Utara, KH. Untung Sunardi, S. Ag., M. Pd. I. Dalam ceramahnya, Untung-sapaan akrab pengawas SMP, SMA/SMK Lutra mengupas sekelumit tentang kelahiran Rasulullah saw, perjuangan dakwah mulai dari Mekkah sampai hijrah ke Yastrib (Madina). Dalam penggalan ceramahnya, Untung secara gamblang menguraikan tentang keteladanan, kedisiplinan, dan kesabarannya dalam menyampaikan rusalah dakwah. "Nabi kita Muhammad SAW adalah contoh, teladan yg terbaik di akhir zaman" ungkap H. Untung seraya mengutip salah satu hadis.
Pada kesempatan itu, Kepala UPT SMAN 8 Luwu Utara, H. Suprianto, S. Ag., M. Pd. I dalam sambutannya dihadapan Kasi SMA/SMK Wilayah XII Lutra-Lutim, meminta kepada seluruh siswa agar mengikuti, dan mendengarkan secara seksama pesan- pesan agama, utamanya terkait dengan hari kelahiran, dan perjuangan Nabi Muhammad saw yang dimulai dari Kota Mekkah hingga sampai ke Kota Madinah. Di akhir sambutannya Suprianto juga meminta kepada seluruh siswa agar men jadikan Rasulullah SAW sebagai teladan terbaik dalam kehidupan sehari-hari nya.
Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kasi SMA/SMK Wilayah XII, Andi Lalak, S. Pd., M. Pd., dalam sambutanya dihadapan ratusan siswa-siswi SMAN 8 Lutra, mengharapkan agar kegiatan keagamaan seperti peringatan maulid yang dilaksanakan SMAN 8 Lutra terus digelorakan di semua tingkatan satuan pendidikan, khususnya yang ada di Lutra dan Lutim. Sebab kegiatan keagamaan seperti itu ungkap Andi Lalak dapat memberikan dampak yang cukup besar terhadap siswa-siswi utamanya dalam pembinaan karakter ataupun moralitas kepada setiap siswa sebagai generasi penerus bangsa.
Diakhir sambutaanya, Andi Lalak yang juga manta Guru Bidang studi Pendidikan Biologi SMAN 1 Lutra menekankan kepada seluruh siswa agar menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan terbaik, utamanya dalam hal disiplin, kejujuran, kesabaran dalam menghadapi berbagai tantangan di masa akan datang. (ary)

  • Bagikan