Si Jago Merah Amuk Hutan dan Lahan Tiga Hektar Milik Warga di Sangalla Selatan

  • Bagikan

Nampak suasana Gotong royong TNI-Polri bersama Damkar dan dibantu warga setempat berusaha memadamkan api di malam dini hari, Selasa (3/10/2023). -- risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA-- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) milik warga di Dusun Tanete, Lembang (Desa) Batualu, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Akibat si jago merah lahan milik warga setempat yang luasnya kurang lebih tiga hektar ludes terbakar.

Gotong royong TNI-Polri bersama Damkar dan dibantu warga setempat berusaha memadamkan api di malam dini hari, Selasa (3/10/2023).

Saksi mata sekaligus warga sekitar bernama Juna (40 tahun) Sedang melintas di lokasi melihat kobaran api dalam hutan.

Selanjutnya warga menghubungi Polsek Sangalla dan pihak Pemadam Kebakaran (Damkar).

Kapolres Tana Toraja, AKBP. Malpa Malacoppo saat di konfirmasi membenarkan terjadinya Karhutla di lokasi kejadian pada dini hari yang didatangi langsung personel Polsek Sangalla dibantu Koramil 06 Sangalla.

‘Berawal dari informasi warga telah terjadi kebakaran hutan dan personel dari Polsek Sangalla langsung mendatangi lokasi bersama Koramil 06 Sangalla dan Damkar Tana Toraja yang menurunkan dua unit mobil pemadam,” tutur Malpa.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan pukul 02.40 Wita, namun kurang lebih tiga hektar lahan milik korban hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa pada Karhutla tersebut.

“Atas kejadian itu kami mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap bahaya kebakaran, tidak membuang puntung rokok sembarangan dan melarang keras warga membakar lahan sembarangan karena dapat merusak pohon-pohon yang menjadi penyanggah pada musim hujan nanti,” pungkas Kapolres Malpa.

Diketahui lima pekan ini wilayah Toraja terjadi musim kemarau sehingga beberapa terjadi kebakaran hutan akibat kekeringan. (Risna)

  • Bagikan