Akhir Pekan, Suhu Panas Dekati 40 Derajat Celcius, BMKG Imbau, Jika Keluar Rumah Gunakan Topi Lebar dan Kacamata

  • Bagikan
AIR SUMUR. Petani di Desa Puty, Kec. Bua, Luwu, mengairi sawahnya yang kering menggunakan air dari sumur yang dipompa menggunakan mesin, Jumat 6 Oktober 2023. Petani mulai menanam sawahnya dengan mengandalkan air tanah, lantaran hujan belum turun. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Heboh di media sosial Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dilanda suhu panas 40 derajat celcius pada 10 Oktober mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar menjelaskan prakiraan tersebut bukan dikeluarkan oleh pihaknya.

"BMKG Makassar tidak pernah mengeluarkan perkiraan sampai suhu 40 derajat celcius," kata Ketua Tim Kerja Meteorologi BMKG Makassar Rizky Yudha P, Rabu (3/10/2023).
BMKG Wilayah IV Makassar menyebutkan suhu maksimum tidak-lah mencapai 40 derajat Celcius.

Diketahui data tersebut berasal dari prakiraan aplikasi prakiraan cuaca Accuweather. Terkait benar atau tidaknya data tersebut, Rizky belum bisa memastikan.

Namun, Ia menegaskan bahwa BMKG Makassar belum pernah memberikan pernyataan tentang prakiraan suhu mencapai 40 derajat celcius. Ia pun belum bisa memberi analisis lebih jauh tentang prakiraan tersebut.

"BMKG Makassar belum pernah memberikan statement terkait prediksi suhu yang bisa mencapai 40 derajat celcius," cetusnya.

"Yang tercatat di kami (BMKG) itu tidak sampai 40 derajat, sejauh ini yang paling tinggi untuk wilayah makassar maupun Sulsel antara 35 sampai 36 derajat," bebernya.
Ia mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan lebih saksama informasi prakiraan cuaca yang di rilis secara resmi oleh pihak BMKG.

"Sebaiknya untuk informasi seperti ini bisa langsung koordinasi langsung ke pihak BMKG karena kita juga punya banyak akses di berbagai platform media sosial dan tiap hari pasti ada kabar prakiraan cuaca dari kami" tegasnya.

Terkait kemarau panjang yang mrlanda Sulsel, Agusmin menyampaikan bahwa diperkirakan akan berakhir dua bulan kedepan. Wilayah Sulawesi Selatan, katanya akan memasuki musim hujan secara berangsur angsur pada awal November 2023.

Berdasarkan infografis Accuweather yang beredar, terlihat Makassar dan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) berwarna merah pada tangga 10 Oktober. Namun suhu di Makassar menempati posisi terpanas yakni mencapai 40 derajat celcius.

Pakai Topi dan Kacamata
Mengatasi cuaca panas penting untuk tetap nyaman dan aman, terutama selama bulan-bulan musim panas. Berikut adalah lima cara untuk membantu anda mengelola dan tetap sejuk selama cuaca panas. Pertama, cegah dehidrasi. Minumlah banyak air sepanjang hari. Hindari konsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Kedua, berpakaian ringan, longgar, dan berwarna terang yang terbuat dari bahan yang dapat bernapas seperti katun. Hindari pakaian berwarna gelap, karena dapat menyerap lebih banyak panas. Mengenakan topi bertepi lebar dan kacamata hitam juga dapat memberikan perlindungan ekstra dari sinar matahari.

Ketiga, carilah Tempat Berteduh dan Tetap di Dalam Ruangan ber-AC.(idris prasetiawan)

  • Bagikan