Aplikasi E-Kinerja Dongkrak Prestasi ASN

  • Bagikan
Wakil Bupati Luwu Timur, Moch Akbar Andi Leluasa saat membuka Bimtek Penerapan Aplikasi E-Kinerja di Aula Hotel I Lagaligo, Kecamatan Malili, Selasa 10 Oktober 2023.

Agenda Perdana Wabup Akbar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Wakil Bupati Luwu Timur, Moch Akbar Andi Leluasa membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Penerapan Aplikasi E-Kinerja Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan tersebut merupakan Agenda Perdana Akbar Leluasa pasca resmi menjabat sebagai Wakil Bupati Luwu Timur.

Dalam acara tersebut ia mengatakan Aplikasi E- Kinerja sangat terukur dan bisa mendongkrak prestasi kinerja ASN digelar di Aula Hotel I Lagaligo, Kecamatan Malili, Selasa 10 Oktober 2023.

Akbar mengaku mendapat disposisi Bupati Lutim untuk menyampaikan sambutan Bupati serta membuka secara resmi Bimtek tersebut.

Menurut Akbar, pada prinsipnya, sistem E-Kinerja ini, dapat memberikan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kita sebagai aparatur pemerintah.

"Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat tercipta transparansi, akuntabilitas, dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," kata Akbar.

Lanjut dikatakannya, pelaksanaan bimtek E-Kinerja ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kita semua dalam mengimplementasikan sistem E-Kinerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Dalam era yang semakin maju ini, teknologi informasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pemerintahan.

Keunggulan dengan menerapkan sistem pemerintahan berbasis e-Kinerja ini, diantaranya proses penilaian kinerja ASN menjadi lebih transparan. Hal ini memungkinkan semua pihak yang berkepentingan, seperti atasan, rekan kerja, dan ASN itu sendiri dapat melihat secara objektif dan terbuka mengenai pencapaian kinerja yang telah dilakukan, jelas Akbar.

Dalam implementasi E-Kinerja, sistem juga dapat secara otomatis melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja ASN. Dengan demikian, atasan dapat lebih mudah memantau dan mengevaluasi pencapaian kinerja ASN secara real-time, sehingga dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja jika diperlukan.

Implementasi e-kinerja juga dapat mendorong efisiensi dan produktivias dalam artian, mempercepat proses administrasi terkait penilaian kinerja ASN, seperti pengisian laporan, penilaian dan pelaporan.

Hal ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk proses administrasi, sehingga ASN dapat lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih produktif.

Dengan adanya sistem e-kinerja yang terintegrasi, ASN dapat memiliki data dan informasi yang lengkap mengenai pencapaian kinerjanya.

Saya berharap, saudara-saudara harus memanfaatkan bimtek ini dengan serius, mempelajari berbagai aspek terkait implementasi E-Kinerja, mulai dari penggunaan sistem, pengelolaan data, hingga pelaporan kinerja.
Saya yakin, dengan semangat kebersamaan, kita semua akan mampu menguasai dan mengimplementasikan sistem E-Kinerja ini dengan baik, tegasnya.

Dipenghujung acara, Wabup meminta dukungan kepada seluruh ASN karena kehadirannya saling menguatkan dengan Bupati, sehingga menjadi pasangan yang bermanfaat bagi Luwu Timur, semua program pro rakyat yang sudah di susun bisa realisasi.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Luwu Timur, Rosmiati Alwi, mejelaskan kegiatan ini diikuti 182 orang, terdiri dari Kasubag Admin, Kasubag Kecamatan dan admin yang menangani IT, Puskesmas dan sekolah-sekolah di Lutim yang menghadirkan pemateri dari BKN Provinsi Sulsel.(krm-akm/rhm)

  • Bagikan