Gerakan Pangan Murah Digelar Dua Hari

  • Bagikan
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo, Andi Enceng Amir, SE.,M.Si

Upaya Stabilkan Harga Pangan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Ketahanan Pangan akan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor Camat Wara Timur di Jl Andi Kambo Palopo, Kamis 13 Oktober 2023. Yang mana GPM ini digelar selama dua hari yakni Kamis 13 Oktober hingga Jumat 14 Oktober 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo, Andi Enceng Amir, SE.,M.Si kepada Palopo Pos mengatakan GPM ini akan menjual bahan pangan yang merupakan kebutuhan masyarakat di bawah harga pasar.

''GPM ini bertujuan menstabilkan harga pangan sehingga masyarakat dapat membeli pangan dengan harga murah dibawah harga pasar,'' sebut Andi Enceng kemarin.
Adapun bahan pangan yang akan dijual di GPM sebutnya, beras, minyak goreng, terigu, gula pasir, bawang merah, bawang putih, lombok, dan sayuran segar.
Dimana untuk sayuran yang akan dijual di GPM berasal dari hasil panen Kelompok Wanita Tani (KWT) yang merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan kelompok tani lainnya.

''Untuk beras akan disiapkan 2 ton untuk hari pertama dan begitu juga dengan hari kedua 2 ton. Sedangkan untuk terigu dan gula pasir masing-masing disiapkan 500 Kg,'' jelas mantan Kepala Bapelitbangda Kota Palopo ini.

Ia menyebutkan saat ini kondisi perekonomian sedang mengalami pukulan berat, dampak inflasi sehingga sangat berpengaruh pada tingginya harga bahan pangan pokok ditengah-tengah masyarakat.

"Dampak dari inflasi tersebut tentunya sangat membebani kemampuan keuangan rumah tangga, sehingga menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu atau rumah tangga miskin," tuturnya.

Andi Enceng mengimbau agar masyarakat Kota Palopo manfaatkan momentum ini untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga.
"Namun demikian, perlu juga kami ingatkan, berbelanjalah sesuai kebutuhan dan jangan berbelanja berdasarkan keinginan,"pesannya.(rhm)

  • Bagikan