Proyek Pagar Islamic Centre yang Telan Anggaran Rp1,39 Miliar Roboh, Ini Penjelasan PPK Ibnurus

  • Bagikan
Pagar kawasan Islamic Centre yang roboh pada bagian ujung timur-selatan. Gambar direkam Palopo Pos, Selasa, 17 Oktober 2023 kemarin sekira pukul 16.00 Wita. --ft: ikhwan/palopopos

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pagar kawasan Islamic Centre Kota Palopo yang sementara dibangun, roboh. Tampak reruntuhan batu bata di sisi pagar, ujung bagian selatan-timur bangunan gedung.

Panataun Palopo Pos, Selasa, 17 Oktober 2023 sekira pukul 16.00 Wita, pagar yang runtuh sebanyak tiga petak. Satu petak diperkirakan panjang tiga meter dan tinggi tiga meter. Bagian pagar yang roboh belum diplaster dan belum dicor tulang besi pada kedua ujung kiri dan kanannya.

Sementara pagar bagian lainnya terlihat berdiri. Ada yang sudah diplaster temboknya dan dicor tulang besinya, tapi ada juga yang belum diplaster dan dicor besinya.

Petugas Satpol-PP Palopo yang tugas jaga di gedung Islamic Centre mengatakan, pagar tersebut roboh pada malam hari, saat hujan keras disertai angin kencang (Sabtu, 14 Oktober 2023). Sejak bulan September, tukang proyek pagar yang sementara dalam proses pekerjaan itu, tidak bekerja

''Kadang ji datang tukangnya sekali-kali. Kata tukangnya, gajinya belum dibayar,'' ucap petugas Satpol-PP itu.

Robohnya pagar IC yang beredar pada media sosial, menulai sorotan warga. ''Kenapa pagar sekolah Islamic Centre sudah roboh. Mungkin campurannya 1x1 (satu sak semen, satu mobil pasir). Padahal belum diresmikan bangunannya. Kok sudah tumbang,'' tulis netizen Sulaiman Hasli Tangarang pada akun facebooknya, Selasa kemarin.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Palopo, Ibnurus ST yang dikonfirmasi Palopo Pos melalui pesan WA, menjelaskan, terkait dinding pagar Islamic Center, roboh karena belum terpasang secara permanen. ''Belum ada kolom yang ikat.
Pembangunan pagar kawasan Islamic Center, terpisah dari kontrak multiyears. Jadi kontraknya sementara berjalan,'' jelasnya.

Berdasarkan data pada laman LPSE Palopo, tertera nama paket Pembangunan Pagar Kawasan Islamic Center. Tanggal pembuatan (tender) 27 Februari 2023. Instansi Pemerintah Daerah Kota Palopo. Satuan kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Jenis pengadaan yakni pekerjaan konstruksi. Tahun anggaran APBD 2023. Nilai pagu paket Rp1.395.000.000.

Pemenang CV Diza Arta Mega Jl. Jl. Anggrek Blok I No. 11 Palopo dengan nilai kontrak Rp1.368.000.000. (asrul syafruddin-ikhwan ibrahim)

  • Bagikan