Ini 10 Pemain Bintang Sepakbola Dunia Putuskan Pensiun Dini, Termasuk Eden Hazard

  • Bagikan
Daftar pemain bintang putusakan pensiun dini. (Express)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MADRID-- Siapa tidak kenal sosok pemain bola Eden Hazard? Gocekan bolanya begitu lihai. Namun sayang, ia tidak lama di lapangan. Ia telah memutuskan untuk pensiun dari sepakbola profesional pada usia 32 tahun, Selasa 10 Oktober 2023.

Mantan bintang Chelsea dan Real Madrid ini bukan satu-satunya pemain yang mengakhiri kariernya lebih awal.

Eden Hazard akan dikenang sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Namun cukup mengejutkan karena ia harus gantung sepatu pada usai 32 tahun. Umur yang dianggap masih produktif bagi seorang pesepak bola profesional.

Yah, Eden Hazard bisa dikategorikan pensiun dini dibanding kebanyakan pemain, mengingat Karim Benzema memenangkan Ballon d'Or tahun lalu pada usia 34 tahun.

Di Chelsea, Eden Hazard jarang mengalami cedera dan berada pada puncak karirnya, tetapi performa dan kebugarannya menurun saat pindah ke Real Madrid pada tahun 2019.

Pindah ke Real Madrid harusnya jadi momentum yang diimpikan sang pemain dan klub yang membutuhkan pemain sayap superstar setelah menjual Cristiano Ronaldo tahun sebelumnya.

Kenyataannya jauh panggang dari api karena Hazard hanya bermain dalam 54 pertandingan liga dan mencetak empat gol selama empat tahun di Bernabeu.

Bintang Belgia ini akan dikenang dengan baik oleh para penggemar Chelsea atas penampilannya di Stamford Bridge.

Namun, Hazard sekarang bergabung dengan daftar panjang bintang sepakbola yang harus mengakhiri karier mereka lebih awal karena berbagai alasan.

Berikut daftar pemain bintang yang pensiun dini:

  1. Jack Wilshere

Seorang sensasi remaja yang diharapkan menjadi calon besar yang akan muncul dari akademi Arsenal.

Sayang karier sepakbola Jack Wilshere meredup akibat masalah kebugaran yang panjang dan berat. Xavi pernah menyebut bahwa Wilshere akan menjadi bintang masa depan Inggris.

Faktanya, Wilshere harus gantung sepatu pada musim panas 2022 lalu, pada usia 30 tahun dengan klub terakhirnya adalah Aarhus (Denmarka) dan kini jadi pelatih Arsenal U18.

  1. Sergio Aguero

Impian Sergio Aguero untuk kembali ke masa jayanya dalam periode kedua berkarir di Spanyol ketika gabung Barcelona setelah mengakhiri masa suksesnya di Manchester City, pada musim panas 2021.

3 Tanaman yang Disukai Ular, Cabut agar Tidak Jadi Sarangnya
Tetapi diagnosis yang menghancurkan tentang kondisi jantungnya memaksa striker legendaris itu untuk pensiun lebih awal (33 tahun), pada penghujung tahun 2021.

Sejak itu, ia menikmati pensiunnya dengan mengikuti perayaan Piala Dunia Argentina tahun lalu serta merayakan kemenangan Liga Champions bersama Manchester City.

  1. Eric Cantona

Legenda Manchester United dan dikenal banyak membuat kontroversi sepanjang karier bermainnya dan bahkan lebih misterius sejak pensiun.

Tetapi para penggemar sepakbola sangat sedih ketika striker ikonik itu pensiun pada usia 30 tahun pada tahun 1997.

  1. Alan Shearer

Tidak persis sama, tetapi tetap merupakan keputusan mengejutkan. Alan Shearer memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Inggris pada usia 29 tahun pada tahun 2000.

Meskipun ia masih melanjutkan bermain di Liga Premier selama enam musim lagi bersama Newcastle.

  1. Paul Scholes

Paul Scholes tampaknya mengikuti jejak Alan Shearer pada tahun 2004 saat ia juga pensiun dari tugas internasional lebih awal, dengan memilih fokus ke klub daripada negara.

Gelandang ikonik itu tidak secara resmi pensiun dari sepakbola profesional hingga tahun 2013.

  1. Hidetoshi Nakata

Superstar sepakbola terbesar Jepang, Hidetoshi Nakata mengejutkan semua orang pada tahun 2006, termasuk manajer Bolton saat itu, Sam Allardyce, ketika ia pensiun pada usia 29 tahun.

David Beckham versi Jepang ini kemudian sukses dalam karir modeling setelah pensiun dari sepakbola.

  1. Andre Schurrle

Andre Schurrle dianggap sebagai salah satu bakat terbesar sepakbola Jerman dan membantu negaranya memenangkan Piala Dunia 2014.

Memutuskan gantung sepatu pada usia 30 tahun karena sering cedera saat membela Spartak Moscow (Rusia). Kini Schurrle menikmati masa pensiun dengan sering naik gunung.

  1. Patrick Kluivert

Sensasi remaja utama, Patrick Kluivert meledak ke panggung dengan Ajax sebelum membuat nama untuk dirinya sendiri di Barcelona.

Ia meninggalkan klub La Liga itu pada usia 28 tahun dan pensiun dua tahun setelahnya ketika membela Lille (Prancis) karena kesulitan untuk menemukan bentuk terbaiknya.

  1. George Best

Pada hari ulang tahunnya yang ke-26, George Best mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari sepakbola (pertama kalinya) pada hari itu.

Meskipun ia telah memenangkan gelar liga dua kali serta satu Piala Eropa. Ia kembali beberapa tahun kemudian, tetapi gagal untuk menemukan bentuk terbaiknya.

  1. Eden Hazard

Eden Hazard, salah satu pemain terbaik Chelsea, mungkin akan menyesal atas keputusannya untuk pindah ke Real Madrid.

Dia selalu bermimpi untuk pindah ke Bernabeu, tetapi ketika itu terjadi ia malah sering cedera selama empat musim berseragam Los Blancos.

Pada musim panas 2023, Hazard berstatus tanpa klub. Namun ia menolak tawaran berkarir di MLS dan Liga Arab Suadi hingga memutuskan pensiun pada Selasa 10 Oktober 2023, di usia 32 tahun.(jpnn/pp)

  • Bagikan