Momentum Hari Sumpah Pemuda, GAM-LR Demo Tuntut Ketua MK Mundur

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, TAKKALALA--Bertepatan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Aktivits Mahasiswa Luwu Raya (GAM-LR) menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan Trans Sulawesi Jl. Perum Imbara I, Kel. Takakalala,, Palopo, Sabtu 28, Oktober 2023.

Para mahasiswa pengunjuk rasa membentangkan spanduk yang bertuliskan grand isu "Kembalikan Marwah Mahkamah Konstitusi (MK)". Mereka menuntut Ketua MK mundur dari jabatannya.

Dalam aksinya sejumlah kader (GAM) saling bergantian orasi di jalan. Mereka melakukan tetrikal dengan mengecet badan berwarna hitam dengan bertuliskan "Pemuda". Juga menghentikan mobil tronton untuk digunakan sebagai panggung orasinya.

Jendral Lapangan Aksi, Amsal. dalam orasinya menyampaikan, pemerintahan di era kepemimpinan Presiden saat ini, begitu terbuka dalam menggunakan kekuasaan, bahkan menabrak hukum lewat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membuka langkah Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawapres pendamping Prabowo Subianto.

Lanjut Amsal, ambisi kekuasaan pemerintahan pada rezim saat ini begitu telanjang diperlihatkan hingga menabrak konstitusi pun sah-sah saja.

Ketika ambisi kekuasaan itu terjadi hukum mencoba untuk direkayasa melalui Mahkamah Konstitusi (MK), ini akan menjadi perhatian publik karena dianggap membuka pintu bagi dinasti politik. Yang paling terlihat jelas akan diuntungkan adalah keluarga Presiden.

Amsal juga menambahkan bahwa Mahkamah Konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru saja dilantik, itu harus mengambil sikap yang tegas. Dan memberikan sanksi etik kepada Ketua MK, Anwar Usman. (ikh)

  • Bagikan