PSM Ciptakan Banyak Peluang, Gagal Tuntaskan Misi Balas Dendam Usai Bermain Seri di Kandang Dewa United

  • Bagikan

Striker anyar PSM Makassar Victor Mansaray berhasil mencetak gol saat melawan Dewa United. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Torehan catatan kurang bagus kembali memperpanjang catatan PSM Makassar. Yah, itu setelah hanya bermain imbang dengan tuan rumah, Dewa United, 1-1 di ajang kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024. Padahal, peluang Pasukan Ramang begitu banyak.

Pada partai ini, PSM Makassar harus puas berbagi poin 1 di pekan ke-19 kompetisi Liga 1 Indonesia yang berlangsung di Indomilk Arena Stadium, Minggu, 12 November 2023 mulai pukul 20.00 Wita.

Adapun gol-gol yang tercipta di pertandingan ini dicetak oleh Majed Osman di menit kesembilan sebelum di balas oleh Victor Mansaraya di menit ke-29.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares pun menyebut timnya kurang beruntun dibanding lawanmya Dewa United. Pasalnya, tim tuan rumah itu tidak perlu banyak peluang untuk mencetak gol.

Striker PSM Makassar Kenzo Nambu.

Berbeda dengan timnya, yang ia catat butuh sekitar 3 sampai 4 peluang terlebih dahulu sebelum akhirnya berhasil menciptakan gol.

“Di awal pertandingan, peluang pertama mereka (Dewa United) langsung bisa berbuah gol dan setelah 3 sampai 4 peluang dan akhirnya kita mencetak gol pertama kita,” ungkap Bernardo Tavares di sesi konferensi pers usai laga, Minggu (12/11/2023).

Ia pun mengungkap kedudukan sama kuat 1-1 di babak pertama merupakan hasil yang pantas untuk di dapatkan kedua tim di laga ini.

“Saya kira penting untuk menyelesaikan babak pertama dengan skor 1-1,” jelasnya.

Pertandingan memasuki babak kedua, pelatih asal Portugal itu memberikan pujian secara khusus kepada para pemainnya.

Dimana, mereka mampu menciptakan lebih banyak peluang dan transisi yang bagus meski kalah dari segi penguasaan bola.

“Kita menciptakan banyak peluang meski kalah dalam segi posession dengan transisi yang sangat bagus,” tuturnya.

Dengan tambahan satu poin ini, kedua tim pun masih tetap berada di papan tengah klasemes semntara kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

PSM Makassar berhasil naik satu peringkat ke posisi 12 klasemen sementara dengan koleksi 23 poin dari 19 pertandingan.

Sementara, Dewa United sendiri masih belum bisa beranjak dari posisi ke-10 klasemen dengan koleksi 25 poin dan juga dari 19 pertandingan.

Jalan Pertandingan

Sejak awal babak pertama, tim tuan rumah Dewa United langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu dengan menekan lini pertahanan PSM Makassar.

Tak butuh waktu lama, pada menit kesembilan mereka akhirnya berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol yang diciptakan oleh Majed Osman usai memanfaatkan umpan terobosan dari Alex Martin.

Tertinggal satu gol PSM Makassar mencoba lebih menekan. Hasil peluang di dapat di menit ke-12. Melalui sepakan tendangan bebas upaya yang di lepaskan Yance Sayuri masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Enam menit berselang PSM kembali mendapatkan kesempatan. Memanfaatkan umpan dari Safruddin Tahar bola gagal di kontrol dengan baik dan mampu di amankan oleh penjaga gawang.

Unggul satu gol tidak membuat Dewa United menggendur. Pada menit ke-23 berawal dari sepak pojok sundulan Majed Osman masih melambung di atas mistar gawang.

Akhirnya pada menit ke-30 PSM Makassar berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari solo run dari Adilson Silva di sisi kanan, ia kemudian melepas umpan dan kemudian di selesaikan dengan baik oleh Victor Mansaray. Skor sementara 1-1.

Tim tamu PSM benar-benar mengambil kendali permainan. Pada menit ke-36 mereka hampir membalikkan keadaan. Andai sepakan dari Yakob Sayuri tidak gagalkan oleh penjaga gawang.

Dua menit berselang giliran Dewa United yang mengancam melalui sepakan bebas. Upaya dari Risto Mitrevski masih mampu di mentahkan oleh kiper.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan di babak pertama dibunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Untuk sementara kedua tim bermain imbang 1-1.

Pertandingan masuk ke babak kedua, kedua tim terlihat lebih bermain berhati-hati dan cenderung menunggu kesalahan dari lawan.

Peluang pertama di dapatkan PSM Makassar di menit ke-49. Sepakan keras Kenzo Nambu dari luar kotak pinalti masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-57, Majed Osman hampir menciptakan gol keduanya. Andai sundulannya tidak membentur tiang gawang.

Pertandingan memasuki menit ke-65 tempo permainan dari kedua mulai menurun dan kembali memainkan bola-bola pendek dari kaki ke kaki.

Di sisi 15 menit waktu pertandingan kedua pelatih dari masing-masing tim melakukan banyak pergantian dan coba memainkan pemain dengan tenaga-tenaga baru.

Pada menit ke-85, peluang berbahaya kembali di dapatkan oleh PSM Makassar. Berawal dari umpan crossing terukur. Namun sayang di potong dengan baik oleh kiper Dewa United.

Dewa United mencoba membalas, berawal dari sepak pojok umpan yang di depan mulut gawang gagal di manfaatkan dengan baik oleh Asep Berlian. Upaya masih melambung di atas gawang.

Semenit berselang kembali Dewa United hampir mencetak gol keduanya di laga kali ini. Andai upaya dari Mitrevski tidak membentur mistar gawang.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Kedua tim harus puas berbagi poin usai imbang 1-1. (Fjr/pp)

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1

  • Bagikan