Diskominfo Palopo FGD Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

  • Bagikan

PALOPOS. CO. ID, TOMPOTIKKA--Dalam rangka Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana Pemerintah Kota Palopo Tahun 2024-2028 untuk mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 dan Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,
Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar "Forum Discussion Group (FGD) Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kota Palopo Tahun 2024-2028".

FGD yang dibuka oleh Sekretaris Daerah, Drs. H. Firmanza DP, S.H., M.Si., yang mewakili Pj Wali Kota, dilaksanakan di Ruang Pertemuan Ratona Lantai II Kantor Wali kota Palopo, Selasa, 28 November 2023.

Kepala Dinas Kominfo Kota Palopo, Hamsir Hamid, ST., pada kesempatan itu mengatakan, arsitektur SPBE merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

Hamsir Hamid melanjutkan, penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kota Palopo, tahun 2024-2028, telah melalui tahapan yang terencana, kemudian memastikan keterpaduan penerapan SPBE di tingkat Instansi Pusat, Pemerintah Daerah, dan Nasional, guna terwujudnya layanan digital nasional yang terpadu.

Sementara itu Pj Wali Kota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekretaris Daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, kepada kajaran Diskominfo Kota Palopo, yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan intens dan konsisten. "Karena sebagaimana kita ketahui, FGD ini dalam rangka penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Nasional, yang selain itu, juga untuk mewujudkan keterpaduan layanan digital nasional, termasuk di Kota Palopo", ungkapnya.

Sekretaris Daerah melanjutkan, dengan memahami dan menguasai Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, kita dapat memberikan layanan yang lebih efektif dan responsif kepada masyarakat.

"Keterpaduan dan penyelarasan arsitektur dan peta rencana SPBE Pemerintah Kota Palopo, diharapkan dapat mewujudkan layanan digital nasional yang terpadu berupa layanan digital administrasi pemerintahan dan layanan digital publik sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, yang mendukung tata kelola pemerintahan berbasis digital", ungkap Firmanza menjelaskan.

Dalam FGD tersebut, para peserta mendapatkan bimbingan langsung dari konsultan PT. Tata Cipta Teknologi Indonesia yang hadir melalui aplikasi zoom meeting.

Hadir pula pada kesempatan itu Sekretaris dinas Kominfo Kota Palopo, Mardi, bersama jajaran, pimpinan perangkat daerah, penanggungjawab SPBE serta operator IT perangkat daerah lingkup Pemkot Palopo. (rls/ikh)

  • Bagikan