DPRD Palopo Sahkan Perda Bahasa Luwu dan Aksara Lontara, Baharman Ketua Pansus

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, TOBULUNG-- DPRD Kota Palopo mengesahkan Perda Bahasa Luwu dan Aksara Lontara melalui rapat paripurna, Kamis, 30 November 2023.

Pembahasan Perda ini ditangani Pansus I DPRD Palopo yang diketuai Drs Baharman Supri.

Paripurna pengesahan Perda Bahasa Luwu dan Aksara Lontara dipimpin Ketua DPRD Palopo, Dr Hj Nurhaenih dan dihadiri Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani SH MSi, para anggota DPRD, dan pejabat Pemkot Palopo.


Ketua Pansus I DPRD Palopo, Baharman Supri kepada Palopo Pos, Sabtu, 2 Desember 2023 melaporkan, Perda ini adalah usulan Wali.Kota Palopo, Judas Amir beberapa bulan yang lalu.

Sedangkan naskah akademiknya dibuat dan dikerjasamakan dengan kampus IAIN Palopo, penanggungjawabnya Prof DR Sahrini SAg MHum.

"Insya Allah setelah Perda ini, kami akan bekerja sama dengan IAIN lagi untuk membuat naskah akademik terkait etnis Luwu," jelas politisi Golkar ini.

Tentu, lanjutnya, dengan penelitian yang cermat karena perdebatan selama ini, Luwu tidak masuk sebagai salah satu etnis di Sulsel tapi sesungguhnya ada.

" Jadi sekaligus memperjelas etnis kita sebagai persiapan menuju Provinsi Tana Luwu," katanya.

Menurut Baharman Supri setelah diwawancai media Palopo Pos, Perda ini tinggal menunggu peraturan Wali Kota untuk ditindaklanjuti. Misalnya ada satu hari dimana semua ASN berbaju simbol adat Luwu, berbahasa Luwu pada hari itu, baik di kantor maupun di rumah.

Tujuannya, agar identitas daerah tidak punah bahkan lestari. Selain itu akan diajarkan di sekolah pada hari tertentu, supaya generasi berikutnya tidak kehilangan identitas lokalnya.

Masih menurut Baharman, usai pengesahan ini maka Perda Bahasa Luwu ini akan didaftarkan di Unesco, supaya dunia mengakui Bahasa Luwu ini dan mendunia. (ikh)

  • Bagikan