Pelaku Gerakan Koperasi ke Bone

  • Bagikan
Kadis Koperasi dan UKM Luwu dan jajaran bersama gerakan koperasi dan UMKM menghadiri puncak peringatan Harkopnas ke-76 tingkat Provinsi Sulsel di Kabupaten Bone, Sabtu, 2 Desember 2023 lalu.--ft: istimewa--
  • Semarakkan Harkopnas Ke-76

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Ribuan orang yang tergabung dalam Gerakan Koperasi di Sulawesi Selatan sejak 30 November 2023, kumpul di lapangan Merdeka Kabupaten Bone. Itu dalam rangka menyemarakkan Puncak Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76.

Mereka yang ke Bone, termasuk didalamnya jajaran Dinas Koperasi dan UKM Luwu beserta para pelaku Gerakan Koperasi dari Kab Luwu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Luwu, Rahimullah SE, kepada Harian Palopo Pos, Sabtu (2/12) mengungkapkan pelaksanaan Harkopnas ke-76 di Kabupaten Bone, kontingen Luwu mengikut sertakan pelaku Gerakan Koperasi dan pelaku UMKM Kabupaten Luwu.

"Sengaja kita hadirkan para pelaku Gerakan Koperasi dan pelaku UMKM dari Luwu di Kabupaten Bone dengan tujuan di samping menyemarakkan Harkopnas ke-76 tingkat Provinsi Sulsel, yang tidak kalah pentingnya untuk menjalin tali silaturahmi sesama pelaku Gerakan Koperasi dan UMKM. Agenda rutin ini Dekopin ini juga menjadi sarana saling bertukar informasi dan transfer pengetahuan seputar koperasi dan geliat UMKM. Seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi, tentu pengelolaan koperasi akan mengikuti trend yang ada," ungkap Rahimullah.

Rahimullah mengatakan, dalam Harkopnas ke 76 yang dipusatkan di lapangan Merdeka Kabupaten Bone tersebut, pealku Gerakan Koperasi dan UMKM dari Kabupaten Luwu disamping membuka stand, pula mengikuti beberapa kegiata, diantaranya Expo Harkopnas, Bazar UMKM dan jalan santai dan ramah tamah yang kesemuanya di pusatkan di lapaLapangan Merdeka Kabupaten Bone.

"Para Gerakan Koperasi dan pelaku UMKM juga memamerkan produk-produk unggulan daerah baik kerajinan tangan maupun kuliner produksi UMKM Luwu," kata Rahimullah.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sulsel, Asrullah Awing, menyebutkan perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 di Kabupaten Bone menghadirkan gerakan koperasi kurang lebih 3.000 orang dari 24 kabupaten/kota se Sulsel, termasuk gerakan koperasi dari Kabupaten Bone serta masyarakat luas.

Hari Koperasi Nasional ini dimaknai sebagai pengingat sejarah lahirnya koperasi di Indonesia sekaligus mengenalkan keberadaan koperasi ditengah masyarakat, adapun tema tahun ini yaitu Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern dan Berdigital , kata Asrullah Awing, Jumat (1/12/2023)

Puncak peringatan Hrkpnas ke-76 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Bone yang diikuti gerakan koperasi dan pelaku UMKM 24 Kabupaten/kota se Sulsel ini dihadiri Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Deputi Koperasi Kementerian Koperasi dan Pj Bupati Bone Andi Islamuddin. (and/ikh)

  • Bagikan