UPT Pendapatan Palopo Sabet Penghargaan dari Bank Indonesia

  • Bagikan
  • Atas Porsi Pendapatan Terbanyak se-Sulsel

MAKASSAR - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Palopo, berhasil meraih penghargaan dari Bank Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada kegiatan Apresiasi Ekonomi dan Keuangan Digital, Selasa (5/12/2023) di Hotel Claro Makassar.

UPT Pendapatan Wilayah Palopo dinobatkan sebagai Samsat dengan porsi realisasi pendapatan terbanyak se-Sulawesi Selatan. Kepala UPT Pendapatan Wilayah Palopo, Chandrawali S.Kom menjelaskan, penghargaan ini didasarkan pada perbandingan antara keseluruhan realisasi dengan realisasi yang menggunakan QRIS.

"Artinya, dari jumlah keseluruhan pembayaran PKB dan BBNKB pada Kantor Samsat Palopo, persentase pembayaran menggunakan QRIS cukup besar dibandingkan samsat lainnya," ungkap Chandrawali.

Chandrawali menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki oleh Bapenda Sulsel, persentase pembayaran menggunakan QRIS di Samsat Palopo mencapai 2,84 persen. Jika mengacu pada data realisasi pembayaran PKB dan BBNKB yang mencapai Rp 58 Milyar, maka jumlah transaksi QRIS di Samsat Palopo sudah mencapai Rp 1,6 Milyar di tahun 2023 ini.

"Penghargaan yang kami peroleh ini, tentu saja akan menjadi motivasi bagi kami, khususnya untuk terus mensosialisasikan transaksi non-tunai dalam pembayaran pajak kendaraan," terangnya.

Chandrawali menyebut, pihaknya sudah sejak lama menyosialisasikan penggunaan QRIS sebagai metode bayar pada Kantor Samsat Palopo.

"Sejak awal dicanangkan, kami bergerak cepat dengan bekerjasama dengan Bank Sulselbar untuk membuat QRIS merchant, bukan hanya untuk di Kantor Samsat, tapi di semua layanan unggulan yang kami punya," jelasnya.

Selain itu, lanjut Chandrawali, pihaknya juga cukup masif melakukan sosialisasi, baik melalui pemberitaan ataupun lewat media sosial. "Semoga kedepannya akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan digital untuk pembayaran pajak kendaraannya," pungkasnya.(idr)

  • Bagikan