Polres Pertegas 960 Satgas akan Dimintai Keterangannya, Honor Satgas Kelurahan Atas Kebijakan Lurah

  • Bagikan
Deklarasi pembentukan Satgas Kelurahan di sirkuit balap motor Kelurahan Songka, Palopo pada Agustus 2023 lalu. --foto istimewa--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Polres Palopo terus menelusuri adanya dugaan tindak pidana kerugian negara pada pemberian honor Satuan Tugas (Satgas) Kelurahan Palopo. Yang terkini, dasar pemberian honor hanya berdasarkan kebijakan Lurah.

Ditemui di ruang kerja Unit III Polres Palopo, Kanit Tipikor Polres Palopo, Ipda Yusran S SH MH, blak-blakan soal adanya SK hasil bentukan satgas yang dikenal dengan sebutan tim 20 kelurahan itu.

Yusran, belum bisa memastikan secara detail, namun dirinya mengindikasikan jika SK yang dibuat masing-masing Lurah tidak kuat secara hukum.

"Kalau pemeriksaan terhadap Satgas masih terus berlangsung. Semuanya yakni 960 Satgas ini akan kita mintai klarifikasi. Kita juga masih mendalami dokumen-dokumen lainnya yang bisa saja bodong atau tidak memiliki dasar untuk pemberian honor Satgas kelurahan," kata Yusran, kepada Palopo Pos, Rabu, 6 Desember 2023.

Yusran sedikit membocorkan hasil penyelidikan yang dilakukan terkait kasus tersebut. Seperti, darimana anggaran yang diperoleh untuk honor para Satgas, kemudian apa-apa saja yang telah dilakukan, serta apakah pembentukan satgas tersebut didukung dengan Peraturan Walikota (Perwal) atau hanya SK.

"Sumber dananya saya kira sudah umum diketahui yakni dari APBD. Saya juga akan koordinasi dengan daerah-daerah lain mengenai apakah satgas yang dimaksud bisa dibentuk atau sebaliknya," terang Yusran.

Pada dasarnya, sambung dia, penyidik akan terus melakukan penyelidikan mengenai apakah ada unsur pidana kerugian negara atau tidak.

Jika semua bukti-bukti pendukung telah rampung, tentunya pihaknya akan menaikkan status dari penyelidikan (Lidik) ke penyidikan (Sidik).

"Kasus korupsi itu prosesnya lama, banyak yang mesti kita lengkapi sebelum menentukan apakah ada calon tersangka hingga penetapan terdangkanya. Yang pastinya kita serius," bebernya.

Serah menambahkan, jika kasus dugaan korupsi dana satgas kelurahan, sudah menjadi atensi bagi pimpinan di Polres Palopo dalam hal ini Kapolres. "Tentu kami serius karena ini sudah atensi Bapak Kapolres Palopo," pungkasnya. (kahar iting)

  • Bagikan