Husin Shihab Disebut Sebar Informasi Keliru Terkait Produk Terafiliasi Israel, Ini Jawaban Mayora

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Salah satu unggahan di platform TikTok dengan akun @kontenputri membuat geger. Itu setelah akun tersebut mengungkapkan Husin Shihab sebagai penyebar hoaks terkait produk afiliasi Israel di Indonesia.

Dalam unggahan yang telah ditonton lebih dari 1 juta kali itu, Husin Shihab disorot karena memberikan informasi yang keliru terkait produk lokal.

Dalam video yang diunggah @kontenputri, terungkap bahwa Husin Shihab menyebut Le Minerale sebagai produk asing terafiliasi dengan Israel.

Namun, dalam kenyataannya, Le Minerale adalah produk lokal yang diproduksi oleh anak bangsa.

Unggahan TikTok ini kembali menciptakan keraguan terhadap kredibilitas Husin Shihab sebagai sumber informasi.

Akun tersebut secara blak-blakan mempertanyakan sosok di balik Husin Shihab dan menyampaikan kebingungannya atas penyebaran informasi yang tidak akurat terkait produk tersebut.

Perusahaan Mayora Group F&B sejatinya telah buka suara mengenai tudingan sebagai perusahaan yang ikut terafilisasi dengan Israel.

GRSM M3 Sulawesi (Mayora), Titus Rangga, mengatakan isu Le Minerale salah satu produk Mayora yang disebut produk asing merupakan hoaks.

"Wah itu nggak benar. Le Minerale punya Mayora, diproduksi oleh pabrikan PT Tirta Fresindo Jaya. Perusahaan 100 persen Indonesia," kata Titus kepada fajar.co.id, beberapa waktu lalu.

Titus menyebut, sebagai perusahaan terbuka, data PT Tirta Fresindo Jaya bisa dilihat di website resmi.

PT Tirta Fresindo Jaya, kata dia, termasuk ke dalam anak perusahaan dari perusahaan raksasa Mayora Group F&B yang juga memproduksi Teh Pucuk Harum, Kopiko 78 dan Q Guava.

Dia juga menjelaskan sejarah Mayora di Indonesia. Mulai dari jualan roti dengan berkeliling menggunakan sepeda. Lalu muncul produk Roma singkatan dari Roti Mari.

"Kemudian berkembang jadi perusahaan besar dan jadi Tbk yang sahamnya dijual ke masyarakat. Tidak ada kaitannya dengan asing," ungkapnya.

"Justru produk Mayora dijual ke 100 negara. Beda dengan produk PMA yang pabriknya di luar negeri kemudian dijual di Indonesia," sambung dia.

Khusus Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale, Titus menyebut justru diproduksi di Indonesia dan kini diekspor ke luar negeri, tepatnya di Singapura. (fjr/pp)

  • Bagikan