Pemkab Tator Gairahkan Kunjungan Wisatawan dan Tata Kehidupan Budaya

  • Bagikan
Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung saat membawakan sambutannya. Nampak juga Wabup Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg dan Sekda Tana Toraja, dr Rudhy Andilolo mengikuti tarian Ondo pua pada puncak Lovely December 2023. RISNA/PALOPO POS

Puncak Lovely December 2023

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKALE -- Puncak event Lovely December 2023 untuk kedua kalinya dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan di pelataran Plaza Kolam Makale, Kecamatan Makale, Kamis (28/12/2023) siang.

Lovely December dengan tema ‘Kebangkitan Pariwisata
Toraja Berlandaskan Budaya dan Pertanian’ diawali atraksi budaya dan devile tarian tradisional dilengkapi pameran hasil pangan dari 19 perwakilan pemerintah kecamatan.

Ditampilkan pula tarian Ma’ Nani, Ma’ Nimbong dan Ondo Pua’ yang turut diikuti jajaran Forkopimda Tana Toraja, Pemerintah Provinsi Sulsel dan tamu undangan lainnya.

Ada pula paduan suara dari pengurus TP PKK Tana Toraja dan persembahan lagu natal dari Kansurtikus Choir yang merupakan tim paduan suara gabungan pelajar yang meraih juara satu lomba festival paduan suara kategori pelajar di Kabupaten Toraja Utara.

Mewakili Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Kepala Pelaksana BPBD Pemprov Sulsel, Amson Padolo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Tana Toraja yang tidak hentinya memberi aspirasi dan kreativitas dalam upaya meningkatkan pariwisata.

“Bapak Pj Gubernur Sulsel mengucapkan selamat natal bagi masyarakat Toraja, Pemprov Sulsel selalu percaya kerukunan umat beragama di Toraja dan Sulsel selalu damai,” ucap Amson.

Lanjutnya, sepanjang tahun inflasi kunjungan wisatawan di Sulsel meningkat, tahun 2023 tercatat 14 ribu orang dengan peningkatan yang signifikan di bandingkan tahun 2022 hanya lima ribu.

Menghitung hari memasuki tahun 2024 yang siswa sebulan lebih menuju pemungutan suara Pemilu 2024, Pemprov Sulsel berharap proses demokrasi di Sulsel berjalan tertib dan aman, maka untuk mencapainya maka dibutuhkan komitmen serta kerjasama unsur TNI-Polri, penyelenggara Pemilu, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Pemilu 2024 dijaga serius, dipastikan langkah antisipatif dan darurat untuk mengatasi potensi masalah selama dan setelah berjalannya Pemilu dan menjadi agenda prioritas pembangunan Sulsel sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi bahwa Pemilu harus damai,” ungkap Amson yang pernah menjabat Pjs Bupati Toraja Utara.

Amson Padolo beberkan program dijajaki Pemprov Sulsel yaitu pendendalian inflasi harga kebutuhan bahan pokok, penurunan angka kemiskinan, penurunan kasus Stunting, bantuan pangan dan bibit cabai serta penyederhanaan dan pelayanan perizinan bagi investor.

“Saya mengajak kita semua menjaga kerukunan, kebersamaan dan semangat gotong royong dalam melestarikan budaya dan mari menjaga kekayaan Tana Toraja serta semoga Lovely December memberi pengalaman tak terlupakan dan memperkuat ketahanan bangsa,” tutupnya.

Sementara Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dalam sambutannya mengatakan kehadiran peserta event Lovely December bersama pemerintah dalam suka cita merayakan natal dan menyambut tahun baru 2024.

Theo menyampaikan masyarakat menyambut bahagia kerabat dan keluarga yang pulang kampung ke Tana Toraja, sehingga diharapkan memperkokoh persaudaraan dan ketika kembali pulang ke perantauan membawa oleh-oleh yang diperkenalkan yaitu tentang budaya Toraja sebagai andalan Sulsel.

“Lovely December 2023 kedua kalinya dilaksanakan, dimulai tahun 2022 dan sempat terhenti sejak 2016, tinggal satu kali kita gelar di tahun 2024 sehingga dapat menjadi agenda event nasional Menparekraf RI dan ketika sudah kembali maka pengembangan pariwisata Toraja semakin mendapat perhatian dan kunjungan wisatawan meningkat,” terangnya.

Dipaparkan Theo, event Lovely December dimulai kegiatan literasi festival budaya, festival kopi dan kuliner, pameran ekonomi kreatif di kompleks Pasar Seni Makale hingga 31 Desember 2023 yang dapat menjadi nilai ekonomi serta budaya dan seni yang ditawarkan pada pengunjung.

Bupati Theofilus juga menjelaskan saat ini dalam sehari penerbangan empat kali diantaranya rute Makassar-Toraja PP dan Kalimantan-Toraja PP dan diharapkan tahun 2024 dibuka rute Toraja-Bali dan Toraja-Morowali sehingga pariwisata Toraja lebih baik.

“Sisa kesiapan masyarakat kita menjadi masyarakat pariwisata, Toraja dengan falsafah tallu lolona dan 2024 ini Pemkab akan membentuk kombongan untuk menata kembali kehidupan budaya Toraja, kita refleksikan tata kehidupan berbasis budaya sehingga orang semakin menikmati budaya,” pungkasnya.

Lanjut Theo, kedepan Pemprov Sulsel akan memberi bantuan 1 juta bibit cabai rawit dan Pemkab Tana Toraja juga memberi bantuan layananan BPJS kesehatan, cuci darah, rawat inap dan kacamata gratis.

“Pemerintah berupaya berjuang menata daerah kedepan lebih baik, tahun 2023 Tana Toraja tidak terjadi devisit dan daerah paling tercepat menyelesaikan utang pejabat lama dan kami sampaikan selamat berkompetisi pada Pilpres dan Pileg 2024, semoga Toraja tetap terjaga damai dan tentram,” tutup Theo.

Diketahui Pemkab Tana Toraja akan merayakan pesta kembang api dan barattung di pelataran Plaza Kolam Makale pada malam kunci tahun menyambut tahun baru 2024.

Turut hadir pada puncak perayaan Lovely December yakni jajaran Pemprov Sulsel, Staf Ahli Gubernur, Since Erna Lamba dan rombongan, segenap Forkopimda Tana Toraja, pimpinan Bank Sulselbar, para Kepala OPD, siswa-siswi SMA Rajawali Makassar, para tamu undangan serta peserta terlibat pada puncak perayaan.

Lovely December 2023 digelar Pemkab Tana Toraja atas dukungan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan ASEAN Indonesia 2023. (ris/idr)

  • Bagikan