Program Kerja DLH Palopo, Penanaman Sejuta Pohon, HPSN, Adipura, dan Resik

  • Bagikan
Emil Nugraha SSTP MSi (Kadis LH Palopo)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, AMASSANGAN-- Selama tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Palopo melaksanakan sejumlah Program Kerja (Proker) yang telah direncanakan. Selain program rutin seperti bidang kebersihan dan bidang pertamanan, juga ada program khusus.

Proker khusus seperti melaksanakan Gerakan Kebersihan Kota (Resik) dua kali sebulan. ''Ini program prioritas Pak Pj Wali Kota. Tahun lalu, sudah jalan,'' jelas Kadis LH Palopo, Emil Nugraha SSTP,MM yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 2 Januari 2023 kemarin.

Lanjutnya, pada 10 Januari 2024 pekan depan, DLH melaksanakan kegiatan Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon se Dunia yang dipusatkan di Hutan Kota Bukit Lewadang Kec. Sendana. Penanaman pohon melibatkan kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkot.

Kemudian pada Februari 2024, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan pelaksanaan pemantauan Adipura. Dalam kegiatan ini, DLH berkolaborasi dengan Komunitas pemerhati lingkungan.

Masih rangkaian HPSN, DLH juga memberikan reward kepada petugas kebersihan atau pasukan orange yang memiliki dedikasi tinggi. ''Itu untuk kegiatan pada triwulan I 2024,'' kata Emil.

Ditambahkan, honor pegawai DLH tahun 2023 terbayar semua sampai Desember 2023. Jumlah petugas kebersihan sekira 300 orang dan tenaga lainnya.

Dalam rangka hari raya natal dan tahun baru 2024, volume sampah meningkat hingga 30 persen. Rata-rata volume sampah di Palopo 50 ton perhari. Tahun baru ini, mencapai 80 ton. Lebih banyak dibanding sampah hari raya Idul Fitri.

Itu karena pada malam tahun baru, aktivitas warga hampir di seluruh wilayah kota. Kalau lebaran, konsentrasi sampah pada beberapa titik saja, seperti Masjid Agung, lapangan, dan lainnya. (ikhwan ibrahim)

  • Bagikan