Pj Gubernur: Indah Bupati yang Hebat dan Agresif Tarik Investor

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel Dr Bahtiar jalan sehat bersama Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani juga Wabup Suaib Mansur di Masamba, Sabtu 6 Januari 2024. Pj Gub memuji Bupati Lutra Hj Indah Putri sosok yang cerdas, hebat, dan agresif menarik investor. JUNAID/PALOPO POS

IDP: Kita Siap Sukseskan 8 Program Unggulan Pj Gubernur

MASAMBA -- Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyebut Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) sebagai kepala daerah yang agresif untuk menarik investasi.

Menurut Bahtiar, tiap daerah memang membutuhkan kepala daerah yang punya kepemimpinan yang kuat.
“Tentu kita butuh kepala daerah yang punya kepemimpinan yang kuat dan salah satu contohnya adalah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani,” kata Bahtiar disambut tepuk tangan dari para hadirin pada Rapat Percepatan Pertumbuhan Ekonomi yang digelar, Jumat (5/1/2024) malam di Aula Hotel Bukit Indah yang juga dihadiri pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bahtiar membeberkan, Sulsel termasuk Luwu Utara punya potensi perikanan, kelautan, pertanian, peternakan dan juga industri keuangan.

“Untuk itu saya mendorong literasi keuangan, harus punya wawasan tentang ekonomi, menggunakan data riset ilmu pengetahuan dan teknik yang benar dalam investasi,” terang Bahtiar.

Ia pun mendorong untuk membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) hingga di tingkat desa.
“Melalui TPAKD tentu berpeluang menggerakkan ekonomi kerakyatan misalnya KUR, karena pasti dinikmati masyarakat kecil. Saya tahu banyak prestasi indah dari kawan-kawan di Luwu Utara di bawah kepemimpinan ibu bupati. Atas nama Pemprov, saya ucapkan terima kasih,” tutur Bahtiar.

Sementara itu dari data, pertumbuhan ekonomi Luwu Utara terus bertumbuh dan mengalami percepatan hingga 4,54% di 2022. Pendapatan riil bagi pelaku ekonomi di Luwu Utara juga meningkat setiap tahunnya, dan melejit hingga Rp. 65,59 juta per kapita pada 2022.

“Nilai investasi di Kabupaten Luwu Utara juga meningkat sebesar 82,05% dari tahun sebelumnya. Terkait instruksi TPAKD dari pak gubernur, di Luwu Utara juga sudah terbentuk,” terang Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Indah yang juga Ketua TPAKD Luwu Utara ini pun pada 2019 menorehkan prestasi berupa penghargaan Kategori Penggerak Percepatan Akses Keuangan Daerah, dan Penghargaan TPAKD Kategori Kebijakan Pemda Dalam Mendorong Percepatan Akses Keuangan Daerah dari dari OJK Regional VI meliputi Sulawesi, Maluku, Papua.
Pada 2018, Indah menerima penghargaan sebagai Tokoh Pelopor TPAKD Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan.

Sedang di 2022 TPAKD Kabupaten Luwu Utara menerima penghargaan sebagai TPAKD terbaik dari Otoritas Jasa Keuangan Regional VI pada TPAKD Awards. TPAKD Luwu Utara dinilai terbaik dengan inovasi fasilitasi akses keuangan kepada UMKM melalui Alokasi APBD dalam bentuk Subsidi Bunga 0%.

Sukseskan 8 Program
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) juga mengaku siap mensukseskan program kerja Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin.

Hal itu Ia tegaskan saat menyampaikan sambutan selamat datang kepada Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dalam rangka kunjungan kerja di Kabuputen Luwu Utara, Jumat hingga Sabtu (5-6) Januari 2023.
"Kami semua di Luwu Utara siap menerima arahan dan siap mensukseskan program kerja Pak Gubernur termasuk delapan program prioritasnya," terang Indah mengawali sambutan.

Indah menyebut, Luwu Utara sebagai kabupaten terluas di Sulawesi Selatan sangat berpotensi mewujudkan program priotitas Pj.Gubernur Sulsel khususnya di sektor pertanian.

"Luwu Utara memiliki lahan yang luas untuk pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan, tentu ini menjadi peluang untuk program prioritas Gubernur," tutur bupati dua periode tersebut.

Ia pun meyakini, tiap yang datang ke Luwu Utara pasti membawa berkah tersendiri bagi daerah.
“Saya sampaikan bahwa akhir-akhir ini, kami intens mengajak ke Luwu Utara. Karena setelah sampai di Luwu Utara kami berharap, tidak ada yang pulang tanpa membawa apa-apa. Terutama yang dibeli. Karena dengan begitu, uangnya akan tinggal di Luwu Utara,” terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Adapun 8 program prioritas Pj. Gubernur Sulsel yaitu (1) Sukses penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai, (2) Pengendalian Inflasi, (3) Penanganan Stunting dan Gizi Buruk, (4) Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, (5) Ketahanan dan Kedaulatan Pangan, (6) Kemudahan Pelayanan Publik dan Investasi, (7) Sinergi Program Prioritas Nasional dan Daerah, (8) Stabilitas Sosial, Politik, Keamanan, Ketentraman, dan Ketertiban Umum.

Sementara itu Pj. Gubernur Sulsel menyebut jika Kabupaten Luwu Utara punya potensi dan mampu melaksanakan beberapa program tersebut, maka Luwu Utara akan masuk sebagai daerah paling bahagia di Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya alam.
”Di Luwu Utara ini lengkap, ada lembah, ada gunung, laut, dan kebun daerah yang sangat luas dan jangan dijadikan lahan kosong tapi mari menjadikannya lahan yang produktif.

Saya yakin dengan kemampuan yang dimiliki Bupati Luwu Utara yang sangat cerdas dan cantik ini, Luwu Utara mampu seperti New Zealand. Kalau New Zealand adalah negara paling bahagia di dunia maka Luwu Utara bisa jadi daerah paling bahagia di Indonesia,” ungkap Bahtiar. (jun/idr)

  • Bagikan