Hati-hati, Tujuh Wilayah Rawan Pohon Tumbang di Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo mewaspadai sejumlah titik rawan pohon tumbang. Kewaspadaan ini mengingat cuaca ekstrem dan curah hujan mulai meningkat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo, Emil Anugrah mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang mulai terjadi. Sementara Kota Palopo banyak titik yang terdapat pohon-pohon tinggi yang rawan tumbang sehingga patut diwaspadai.

''Daerah yang rawan pohon tumbang itu berada di wilayah jalan poros Rampoang dan Telluwanua, Jl Ahmad Razak, di Kelurahan Benteng, jalan poros Songka, dan Sampoddo, serta di wilayah Battang Barat,'' sebut Emil, Rabu 10 Januari 2024.

Ia menuturkan timnya sudah bersiaga. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah peluang pohon tumbang. Mulai dari pengecekan atau inventarisir ke lapangan hingga pemangkasan.

DLH juga mewaspadai kemungkinan pohon tumbang yang berada di jalur trans. Untuk itu, tim DLH aktif rolling ke lapangan memangkas pohon yang rawan rebah ke jalan.

"Pemangkasan dan pemeliharaan pohon tersebut, kita titik-beratkan di sepanjang jalan mulai
dari Sampoddo (Wara Selatan) hingga lokasi paling ujung Kecamatan Telluwanua,'' tuturnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai pohon tumbang. Pada saat hujan lebat warga diminta menghindari berada dan memarkirkan kendaraan di bawah pohon demi keselamatan.

Sementara itu, sekitar pukul 14.30 Wita, sebuah mobil truk fuso yang melaju kencang menabrak sebuah pohon, sehingga menyebabkan pohon tersebut tumbang ke Jalan menyebabkan kemacetan lalu lintas di wilayah Jalan Y Tando Kelurahan Pattene, Kecamatan Wara Utara.

Saat itu juga Tim TRC BPBD Kota Palopo melakukan evakuasi pohon tumbang dengan melakukan alat sensow, sehingga jalan segera bisa dilalui kembali. (rhm)

  • Bagikan