BMKG: Cuaca Ekstrem Diperkirakan Terjadi di Wilayah Sulsel Per 13-14 Januari 2024, Bagaimana di Tana Luwu? Ini Imbauannya

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Ini perhatian kepada masyarakat Sulsel termasuk di Tana Luwu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan perkiraan cuaca dan himbauan untuk masyarakat.

Dalam perkiraan dan himbauannya itu disebut Kota Makassar saat ini berstatus siaga terhadapa hujan lebat pada 13 Januari 2024.

Dikonfirmasi langsung BMKG Makassar membenarkan terkait perkiraan ini. Dengan menyebut akan adanya potensi hujan sedang hingga lebat.

“Betul. Prakiraan cuaca per hari ini, kami mengeluarkan prakiraan cuaca wilayah,” kata Ketua Tim Kerja Meteorologi BMKG Makassar, Rizky Yudha P, kepada Fajar.co.id, Jumat (12/1/2024).

“Dengan potensi hujan sedang hingga lebat berikut,” jelasnya.

Lebih lanjut, hujan lebat di Sulsel terbagi menjadi 3 kategori, yaitu waspada, siaga dan awas.

Dan yang terjadi pada 12-13 Januari 2024, terdapat sejumlah wilayah yang berstatus siaga dan waspada.

BMKG pun memberikan himbauan untuk masyarakat yang ingin beraktivitas di luar rumah agar berhati-hati. Selain itu, masyarakat juga di minta untuk terus update terkait info perkiraan cuaca terbaru.

Masyarakat juga diharapkan mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

Khusus di Tana Luwu, yakni Kota Palopo, Luwu, Luwu Utara, dabn Luwu Timur, dalam tiga hari ke depan akan terjadi hujan meski hujan ringan.

Berdasarkan prakiraan BMKG, khusus Kota Palopo, Sabtu, 13 Januari 2023, akan terjadi hujan ringan dengan kecepatan angin 10 km/jam. Sementara pukul 17:00 WITA
bakal terjadi hujan sedang.

Sementara besok, Minggu, 14 Januari 2024, pada siang hari akan terjadi hujan ringan dengan kecepatan angin 20 km/jam.

Untuk Senin, juga akan terjadi hujan ringan.
Hal sama juga terjadi di Belopa, Kabupaten Luwu. Sabtu, Minggu, dan Senin juga akan terjadi hujan ringan pada sore hari.

Hujan ringan juga bakal terjadi di Malili, Luwu Timur dalam tiga hari ke depan. Malah, di Luwu Timur, menurut prakiraan BMKG dalam lamannya akan terjadi hujan sedang.

Berikut Daftar Wilayah di Sulawesi Selatan Yang Diperkirakan Akan Terdampak Cuaca Ekstrem Pada 12-13 Januari 2024.

Status Siaga: Kota Makassar, Pangkajene dan Kepulauan, Maros,
Status Waspada: Barru, Sidenreng Rappang, Takalar, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Bulukumba, Soppeng, Kota Parepare, Gowa, Toraja Utara, Luwu Utara, Kota Palopo, Sinjai.

BMKG menyebutkan dampak dari cuaca ekstrem tersebut antara lain:

1. Jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi
2. Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah
3. Volume aliran sungai meningkat/banjir
4. Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

(fjr/pp)

  • Bagikan