Satpol-PP Palopo Apel Siaga Trantibum Pemilu

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Lebih dari seratus personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Palopo ditugaskan untuk menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Pemilu 2024.

Pada Jumat, 9 Februari 2024, Satpol-PP Kota Palopo melakukan apel pengecekan sarana dan prasana Satgas Linmas demi menjaga kelancaran tugas di Pemilu nantinya.

Andi Farid Baso Rachim selaku Kasatpol PP Kota Palopo mengatakan, sesuai dengan Pasal 8 Permendagri Nomor 26 Tahun 2020, penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Pemerintahan Daerah dilakukan oleh Satpol PP.

Kemudian dalam Pasal 3 Permendagri 10 Tahun 2009, Satuan Linmas (Satlinmas) melaksanakan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada.

''Kami sudah menugaskan 148 Satgas Linmas dan 1.012 Satlinmas yang telah diberikan pembekalan oleh Polres Palopo, Kodim 1403/Palopo, dan KPU terkait tugas dan teknis pelaksanaan tugas nantinya,'' kata Andi Farid.

Satgas Linmas ini memiliki Posko Induk di Kantor Satpol PP, yang kemudian di setiap kecamatan akan ada penanggung jawabnya masing-masing. Kemudian di tingkat kelurahan juga menempatkan satu sampai dua personil agar memudahkan dua Satlinmas yang berjaga di setiap TPS untuk melakukan koordinasi.

''Satgas Linmas ini akan mulai siaga mulai dari tanggal 13 Januari hingga berakhirnya Pemilu,'' terangnya. (ikh)

  • Bagikan