Massa Kampanye AMIN Lebih Berwarna, Pengamat: Pendukung Organik Tanpa Pengerahan Massa

  • Bagikan

Lautan manusia memadati bagian dalam maupun luar Jakarta International Stadium atau JIS yang menjadi lokasi kampanye akbar pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN pada Minggu (10/2/2024). --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Kampanye pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), begitu wah! Terlihat, lautan massa memadati bagian dalam maupun luar Jakarta International Stadium (JIS).

Ini merupakan kampanye akbar Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Massa kampanye AMIN terlihat berwarna tanpa pakaian seragam. Antusias menuju JIS sejak dini hari. Kendati lautan massa memenuhi JIS dan sekitarnya, namun situasi terpantau kondusif. Masyarakat teratur antre masuk ke JIS.

Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio menilai massa yang menghadiri kampanye akbar terakhir pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau AMIN menunjukkan adanya diversity atau keberagaman.

Tanpa mengenakan pakaian seragam, menujukkan massa yang hadir merupakan massa organik tanpa adanya pengerahan massa. "Memang kalau tanpa seragam, tidak ada identitas yang bisa melekat. Tapi ini menunjukkan bahwa tidak ada pengerahan massa," tuturnya.

Masyarakat yang hendak mengikuti kampanye AMIN mulai berdatangan sekitar pukul 01.00 WIB. Sekitar pukul 04.30 WIB, massa sudah mulai membeludak dan memenuhi sekitar JIS.

Meski harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer, massa tetap antusias. Masyarakat tidak bisa menggunakan kendaraan untuk masuk ke area JIS, karena beberapa ruas jalan ditutup untuk kelancaran akses menuju JIS.

Padatnya massa yang memenuhi area dalam dan luar JIS juga terpantau dari Google Traffic. Kondisi arus lalu lintas di sekitar JIS menunjukkan warna merah yang menunjukkan terjadi peningkatan pergerakan di sekitar JIS. (*/fjr/pp)

  • Bagikan