Akram Afif Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia, Berikut Profilnya

  • Bagikan

Akram Afif jadi bintang kemenangan Qatar di Piala Asia. --x--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Qatar menjadi singa Asia. Yah, wajar julukan itu. Karena, berkat mempertahankan juara Piala Asia 2023/2024.

Juara yang diraih itu, berkat kemenangan gemilang 3-1 atas Yordania di final.

Yang menarik adalah sosok Akram Afif. Yah, pemain ini sukses menjadikan Piala Asia 2023 (2024) jadi panggung pertunjukan kehebatan dirinya.

Bagaimana sosoknya? Akram Afif mengakhiri Piala Asia dengan rangkaian sukses. Ia mampu mengantar Qatar juara Piala Asia untuk kedua kalinya, mempertahankan status juara yang direbut di edisi 2019.

Menariknya, di balik sukses tersebut, Akram Afif juga meraih dua gelar individu. Ia jadi pencetak gol terbanyak Piala Asia 2023 (2024). Akram Afif menorehkan total delapan gol, unggul dua gol atas bomber Irak, Aymen Hussein yang ada di posisi kedua.

Sebelum laga final, Akram Afif masih tertinggal satu gol dari Aymen Hussein. Namun catatan hattrick Akram Afif di laga final membuatnya merebut status pencetak gol terbanyak di Piala Asia.

Selaras dengan keberhasilan merebut gelar pencetak gol terbanyak, sulit bagi pemain lain untuk menandingi Akram Afif dalam perebutan status pemain terbaik di Piala Asia. Akram Afif benar-benar menonjol sejak awal hingga akhir turnamen.

Di awal turnamen, Akram Afif sukses membuka laga perdana dengan catatan dua gol ke gawang Lebanon. Sedangkan di akhir turnamen, torehan hattrick ke gawang Yordania jadi penutup Piala Asia.

Akram Afif saat ini berusia 27 tahun dan salah satu pemain dengan caps terbanyak untuk timnas Qatar. Ia sudah menjalani debut bersama timnas Qatar sejak berusia 19 tahun dan termasuk tulang punggung Qatar membangun tim nasional yang akhirnya disegani di dunia sepak bola.

Pada Piala Asia 2019, Akram Afif dan kawan-kawan berhasil mengantar Qatar juara. Akram Afif saat itu dikenal sebagai mesin assist lantaran mampu menggelontorkan 10 assist di Piala Asia 2019 yang jadi rekor assist terbanyak dalam sebuah turnamen. Performa impresif itu yang kemudian mengantar Akram Afif terpilih sebagai Pesepakbola Terbaik Asia 2019.

Lima tahun kemudian, Akram Afif kembali tampil spektakuler bersama timnas Qatar di ajang Piala Asia. Kali ini Akram Afif bahkan mampu menjelma jadi mesin gol.

Akram Afif mencetak delapan gol dan tiga assist untuk membawa Qatar juara. Performa mengkilap ini yang bisa menggoda klub-klub besar untuk menggunakan jasa Akram Afif.

Dalam perjalanan karier di klub, Akram Afif sempat menimba ilmu di Sevilla dan bergabung dengan Villarreal. Namun ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Kini, Akram Afif bermain di Al Sadd yang bermain di Liga Qatar. Kontrak Akram Afif di klub tersebut hingga 2025 mendatang. Selamat buat Akram Afif. (*/pp)

  • Bagikan