Gelar Raker di Palopo, Kepala Bapenda Sulsel: Pelayanan Samsat Harus Sesuai SOP

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan rapat evaluasi, bertempat di Hotel Wisata Agro Palopo, rapat evaluasi ini dihadiri oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh menyatakan, pelaksanaan rapat kerja di luar Kota Makassar merupakan hal baru yang dilaksanakan oleh Bapenda Sulsel.

"Ini kebiasaan baru yang coba diterapkan, bagaimana kegiatan jangan selalu terpusat di Makassar, sehingga kita dapat berkontribusi mendorong perekonomian di daerah" jelasnya.

Reza mengatakan, dalam rapat kerja ini ada beberapa hal yang perlu untuk dibahas, diantaranya terkait adanya Perda Nomor 1 tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. "Disitu kewenangan untuk memungut pajak alat berat dikembalikan. Jadi saya minta teman-teman untuk melakukan pendataan kembali terkait alat berat di wilayah masing-masing," jelasnya.

Selain itu, menindaklanjuti perda tersebut, ada beberapa Sistem Operasional Prosedur (SOP) yang telah dibuat. "Saya minta, SOP-SOP ini segera disosialisasikan ke seluruh UPT, agar menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan," ungkap Reza.

Reza juga menyampaikan agar dalam pelaksanaan pelayanan di UPT (Samsat), sedianya harus dilaksanakan dengan baik dengan mematuhi SOP yang sudah ditetapkan. "Tentu saja juga dengan etika pelayanan yang baik pula," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Reza juga meminta agar seluruh UPT Pendapatan membuat media sosial yang dapat diakses oleh masyarakat umum. "Saya minta semua UPT Samsat buat medsos, yang menampilkan layanan atau inovasi. Buat kesan bagus dan pemahaman ke masyarakat, sehingga apa yang kita buat dapat diketahui oleh masyarakat," terangnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Reza, bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, pihaknya juga akan meluncurkan layanan Customer Service (CS). Dengan adanya layanan ini, diharapkan lebih mendekatkan pelayanan Bapenda kepada masyarakat.

"Ini upaya kita untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk sosialisasi terkait pelayanan kita," pungkasnya.(rls/idr)

  • Bagikan