Wali Kota Buka Raker KKMBone Palopo, Asrul Sani: Mari Bersinergi Bangun Palopo

  • Bagikan

Suasana saat Rakerda yang digelar KKMBone Palopo di Saokotae, Ahad, 10 Maret 2024. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si, membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) Palopo periode 2023-2028.

Kegiatan yang mengusung tema
Dengan Spirit Mabbulo Sipeppa Kita Wujudkan KKMB Kota Palopo yang Responsif dan Produktif ini, dilaksanakan di Saokotae, Rujab Wali Kota Palopo, Minggu, 10 Maret 2024.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum Rakerda ini menjadi wadah silaturrahim untuk meningkatkan dan menguatkan kekeluargaan, persaudaraan, dan soliditas segenap Masyarakat Bone di Kota Palopo.

Ketua Umum KKMB Palopo Drs H. Burhan Nurdin, M.Si

''Tekad yang hendaknya selalu kita tanamkan adalah dimanapun kita berada, harus menjadi bagian dari masyarakat. Dan, tidak surut berperan dan berkontribusi dalam memajukan daerah,'' katanya.

Ia pun berharap, semoga rangkaian kegiatan Raker KKMB Kota Palopo berjalan lancar dan sukses.

Pada kesempatan tersebut, Asrul Sani menyampaikan bahwa banyak hal yang perlu dibenahi selama menjabat Pj Wali Kota Palopo.

Oleh karenanya, melalui forum silaturahim, Raker KKMB Kota Palopo ini, ia berharap adanya saran, pandangan, dan dukungan dalam mengemban amanah selaku Pj. Wali kota. Harapannya, demi kemajuan dan peningkatan kesejahteraaan segenap Warga Kota Palopo.

''Sebagaimana kita saksikan bahwa Palopo telah berkembang sejalan dengan Misi dan Program RPJMD Provinsi. Sulsel, menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di bagian utara Sulsel.

Palopo katanya, menjadi transito barang dan jasa lintas provinsi di Pulau Sulawesi. Ini terjadi dengan adanya dukungan ketersediaan infrastruktur wilayah yang relatif memadai.

Kota Palopo juga menjadi alternatif tujuan pendidikan tinggi dengan eksistensi 12 Perguruan Tinggi dan jumlah mahasiswa mencapai 20.000 bahkan dari provinsi tetangga.

Dikunjungi banyak warga Kabupaten/ Provinsi tetangga untuk akses layanan kesehatan karena ditunjang oleh 8 RS Pemerintah dan swasta dengan 1 Unit Tipe B.

Wali Kota Palopo banyak menyinggung soal capaian-capaian Kota Palopo saat ini. Seperti berhasil meraih Piala Adipura, jumlah stunting yang turun serta mampu menekan inflasi.

Sementara itu, Pengurus KKM Bone Provinsi Sulsel, H. Andi Promal Pawi, ST, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, Rakerda yang dilakukan KKMB Palopo, ia menyarankan membuat program kerja yang bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat Bone yang ada di Palopo.

Ia berharap, KKM Bone menjadi garda untuk turut serta membangun Palopo. ''Di mana kaki dipijak, di situ langit dijunjung. Jadi, harus bersinergi dan bahu membahu untuk maju,'' katanya.

Andi Promal Pawi yang juga Kadis Pariwisata Bone ini, berharap, wija to Bone yang ada di Kota Palopo juga bisa pulang berinvestasi di Bone.

''Mudah-mudahan program yang ditelorkan jelas dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. Jangan terlalu banyak, yang penting bisa dilaksanakan secara baik,'' katanya, seraya mengatakan pada intinya adalah, harus menjaga silaturahmi dan menjaga kebersamaan.

Sementara itu, Ketua Umum KKMB Palopo Drs H. Burhan Nurdin, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa warga Bone di Palopo begitu banyak.

Dengan Raker ini, akan memudahkan membangun silaturahmi dan memudahkan kran untuk saling membantu. Juga, bisa membangun sinergitas dengan pemerintah.

Pada kesempatan itu, Burhan Nurdin yang juga Kepala BPBD Kota Palopo ini membakar semangat para peserta rapat.

Burhan Nurdin mengatakan bahwa Bone itu berarti Mapaccing. Maka, setiap orang Bone mapaccing atinna, magello warekkadanna.

Orang Bone juga Malempu dan magetteng, Mappatuanna ale dan mappakasanre siri. Mapppaka situju dan magello ampe-ampena, serta sipenre, denasino

Kultur orang Bone juga Simata sipangeggareng rigau-rigau madecengnge.

''Ini merupakan kultur budaya orang Bone. Dan, itu harus dijunjung tinggi,'' katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia
Rakerda Andi Muzakkir, S.IP., M.Si melaporkan kegiatan tersebut.

Rakerda sendiri ditutup Ketua Harian KKM Bone Kota Palopo, Dr. Andi Syahiruddin Syah, M.Si.

Pada Rakerda ini, berbagai program kerja strategis telah diputuskan dan selanjutnya akan dilaksanakan dalam waktu dekat, termasuk Buka Puasa bersama. (*/pp)

  • Bagikan