Siap-siap…Pemerintah Buka Lowongan 1,2 Juta Formasi CASN, Ini Waktu Penerimaannya!

  • Bagikan
Jadwal pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK 2023 sudah ditetapkan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan total formasi CASN 2024 yang akan dibuka pada periode pertama sebanyak 1.289.824. Angka tersebut terdiri dari 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah.


Plt Deputi SDM Aparatur Aba Subagja menjelaskan, total formasi tersebut baru sebagian dari rencana formasi nasional yang ditetapkan untuk tahun 2024 sebanyak 2,3 juta.


"Tahun ini dari formasi nasional sebanyak 2,3 juta, maka kami melihat saat ini usulan ada 1,3 juta dan formasi yang ditetapkan Pak Menteri itu ada 1,2 juta," kata Aba Subagja dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (14/3).


Adapun rinciannya, untuk instansi pusat formasi yang akan dibuka sebanyak 427.650 yang terdiri atas 130.414 CPNS dan 297.236 bagi PPPK. Sedangkan untuk formasi instansi daerah sebanyak 862.174 terdiri dari CPNS sebanyak 148.013 dan 714.161 untuk PPPK.


Dia mengatakan, kemungkinan besar sisa formasi pengadaan ASN 2024 akan dimanfaatkan untuk rekrutmen periode kedua dan ketiga. Untuk diketahui, rekrutmen CASN tahun ini ditetapkan sebanyak tiga periode.


"Jadi, ada kemungkinan ada sisa formasi yang akan dimanfaatkan dari dua periode selanjutnya," imbuhnya.


Aba berharap, seluruh pemerintah daerah bisa memiliki komitmen bersama untuk bisa memenuhi formasi tersebut. Salah satunya, dengan mengutamakan formasi yang bisa dilamar oleh tenaga non-ASN.
"Harapannya, kita mulai membangun komitmen bersama untuk bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan, utamanya untuk tenaga non-ASN," pungkasnya.


Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN RI Haryomo Dwi Putranto, dengan mengatakan bahwa seleksi CPNS 2024 bakal dilaksanakan sebanyak tiga periode. Dimana akan dimulai dibuka akhir Maret atau awal April mendatang.


"Untuk mengakomodir formasi (CPNS) tersebut, BKN akan melaksanakan seleksi CASN 2024 yang dilakukan sebanyak tiga periode," jelas Haryomo dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI pada Rabu, (17/1) lalu.


Menurutnya, periode pertama seleksi CASN direncanakan akan dilaksanakan pada Maret bulan ini. Pada periode ini, bakal berlangsung pengumuman dan seleksi administratif CPNS serta seleksi kedinasan.
Selanjutnya, pada bulan Juni 2024, periode kedua seleksi CASN dibuka. Pada periode kedua ini, akan dilakukan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan tenaga PPPK dan CPNS.


Lalu yang terakhir, periode ketiga direncanakan bakal digelar pada Agustus 2024. Sama seperti periode kedua, dalam periode ini bakal dilakukan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.(jpc/idr)

  • Bagikan