Ketua Parpol di Palopo Mulai Bergerak Bersaing Maju Cawalkot

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Ketua partai politik (Parpo) kini menatap pemilihan kepala daerah yang akan dihelat 27 November 2024.

Para figur bakal calon pun mulai start, dengan melakukan sosialisasi.

Palopo menjadi salah satunya daerah yang akan menggelar pilkada. Dari sekilan puluh figur calon, sejumlah ketua partai politik Kota Palopo berpotensi untuk "naik kelas" dengan maju sebagai calon nantninya lantaran punya modal kursi di DPRD Palopo.

Dari rangkuman Palopo Pos, sejumlah ketua parpol yang punya kans untuk maju cawalkot Palopo, seperti Ketua DPD II Golkar Palopo, Dr Ir H Rahmat Masri Bandaso.
Dimana saat ini punya kans mengusung calon sendiri di pilwalkot lantaran memiliki 5 kursi DPRD. Dimana persyaratan parpol untuk mengusung calon sendiri minimal mempunyai dukungan 5 kursi di parlemen.

Selanjutnya ada Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil. Diketahui PDIP memiliki 3 kursi di parlemen Kota Palopo. Untuk itu, PDIP pun pasti akan membuka keran koalisi bersama parpol lain untuk mencukupkan persyaratan 5 kursi tersebut.

Ketua PDI Perjuangan Palopo, Alfri Jamil mengungkapkan jika persaingan Pilwalkot Palopo 2024 menjadi salah satu target PDIP dalam mengambil panggung. Bahkan, PDIP terbuka dalam membangun koalisi dalam mengusung pasangan calon ke depan.

"PDIP pada dasarnya siap mengambil panggung dalam persaingan Pilwalkot. Apakah akan mengusung kader atau dari kalangan eksternal. Yang jelas PDIP harus koalisi untuk mencukupkan kursi atas syarat pencalonan," kata Alfri Jamil, baru-baru ini.

Lalu ada Ketua Gerindra Kota Palopo, Hj Hasriani. Ia juga punya kans maju calon wali kota dengan dukungan 3 kursi di DPRD Palopo hasil Pileg 2019, lalu.

Dengan modal 3 kursi tersebut, Gerindra juga dipastikan akan membangun koalisi untuk maju pilwalkot.

Ketua Gerindra Palopo,  Hj Hasriani juga tidak mengenyampingkan peluang terhadap Partai Gerindra dalam meramaikan persaingan Pilwalkot mendatang.

Disinggung terkait keberadaannya maju dalam Pilwalkot, mantan anggota DPRD Palopo ini tentu siap menjajaki peluang.

"Semua bisa terjadi. Politik itu dinamis. Apakah nanti saya akan maju atau tidak, baik sebagai calon 01 atau 02, tentu tergantung nantinya. Akan tetapi Gerindra siap mengusung kader," katanya.

Selanjutnya ada Ketua Demokrat Kota Palopo, yang juga anggota DPR RI saat ini Muhammad Dhevy Bijak, punya kans maju di Pilwalkot Palopo dengan modal 3 kursi di DPRD Palopo. Hanya saja, Dhevy disebut-sebut akan maju di Pilkada Kab. Luwu untuk meneruskan perjuangan alm ayahandanya Syukur Bijak yang pernah menjabat wakil bupati Luwu 2 periode. Demokrat pun punya figur lain yang potensial yakni anggota DPRD Palopo Cendrana Martani, yang dalam waktu dekat kembali akan dilantik menjadi anggota DPRD Palopo periode keduanya 1 Oktober mendatang.

Selanjutnya dari Partai Nasdem Kota Palopo yang juga punya potensial mengusung calon dengan modal 3 kursi di DPRD Palopo, dan siap membuka kran koalisi partai lain.
"Ini sejarah yah, kita menggeser Golkar dari kursi pimpinan Ketua DPRD Palopo. Memang kita sudah bisa mengusung calon sendiri, calon nanti di Pilwalkot," kata Ketua Bappilu NasDem Palopo Abdul Salam.

Salam mengungkapkan, saat ini NasDem Palopo membuka ruang untuk masyarakat yang ingin mengendarai NasDem di Pilwakot 2024. Menurutnya, NasDem juga akan terbuka jika ada partai politik (parpol) yang ingin berkoalisi di Pilwalkot 2024 nanti.

"Kami belum menentukan nama yang akan akan diusung dalam Pilwalkot, saat ini kami masih terbuka, kalau ada parpol yang mau berkoalisi kami juga terbuka. Sementara ini kami akan meminta masukan ke Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse, jadi keputusannya nanti ada pada Ketua DPW," ungkapnya.

Dia mengutarakan, semua partai memiliki kesempatan untuk berkoalisi dengan NasDem di Pilwalkot 2024 nanti. Kata dia, adanya koalisi itu akan memperkuat usungan calon wali kota dan wakil wali kota Palopo nantinya.

"Semua partai berkesempatan untuk berkoalisi dengan NasDem, itu pastinya akan memperkuat usungan calon wali kota dan wawali kita nanti di Pilwakot," ucapnya.

Beberapa figur Nasdem yang potensial diusung seperti Wakil Ketua DPRD Abdul Salam, lalu Sekretaris Nasdem Palopo Umar SE.

Selanjutnya Ketua PKB Kota Palopo, H. Dahri Suli yang punya kans maju dengan modal 2 kursi PKB di DPRD Palopo hasil Pileg 2019, lalu. Namun, oleh PKB Sulsel menggadang-gadang nama anggota DPRD Sulsel 2 periode Irwan Hamid untuk maju di cawalkot Palopo 2024 mendatang.

Lalu ada Ketua PAN Palopo, Abduh Bakri Pabe yang juga potensi maju cawalkot dengan modal 2 kursi PAN di DPRD Palopo. Ada juga Ketua PPP Kota Palopo, H. Haidir Basir yang juga memiliki kans maju cawalkot dengan modal 2 kursi di DPRD Palopo yang mengharuskan untuk berkoalisi dengan partai lain. Terakhir ada Ketua Partai Hanura Palopo Pratiwi Lanteng Bustami yang juga punya kans maju di pilwalkot dengan modal 1 kursi Hanura di DPRD Palopo.

Terakhir ada nama Ketua Partai Gelora Palopo, Budi Sada yang juga menyatakan siap maju calon wali kota meskipun saat ini tak mempunyai kursi di DPRD.

Figur Punya Pengalaman

Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik (PK2P) Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Dr Syahiruddin Syah, M.Si mengungkapkan, mengenai calon Wali Kota Palopo, memang yang berpeluang menjadi calon wali kota tentunya memang yang memiliki dan diusung oleh partai politik.

Itu syarat formal, namun tidak menampikkan juga bahwa bagi bakal calon yang ingin mendaftarkan diri untuk menjadi calon pilwalkot, UU Pilkada telah memberikan peluang dengan model calon perseorangan /independen, dan kalau memang memiliki peluang untuk dipilih, maka silakan mendaftarkan diri, silakan kumpulkan KTP. Ini adalah hak demokrasi seseorang dan dijamin oleh UU.

Lantas figur yang bagaimana cocok memimpin Kota Palopo ke depan? Dikatakan Dr Syahiruddin Syah, adalah figur yang berakhlak, berpengalaman mengelola pemerintahan, punya ketokohan, punya dedikasi dan prestasi dalam membangun daerah, merakyat dan berkebangsaan tinggi serta berkepribadian yang baik, punya kecerdasan emosional yang tinggi, punya integritas dan bijak dalam menyikapi permasalah bangsa/daerah, reponsiveness (tanggap dan peka terhadap isu), serta aquity (berkeadilan).

“Palopo sangat membutuhkan sosok figur Wali Kota yang punya 9 karakter di atas,” ucap Dr Syahiruddin.(asrul syafruddin)

Kans Ketua Parpol Palopo Maju Cawalkot

  1. Dr Rahmat Masri Bandaso (Ketua Golkar Palopo) : Modal 5 kursi di DPRD
  2. Alfri Jamil (Ketua PDIP Palopo) : Modal 3 kursi di DPRD
  3. Hj Hasriani (Ketua Gerindra Palopo) : Modal 3 kursi di DPRD
  4. Muhammad Dhevy Bijak (Ketua Demokrat Palopo): Modal 3 kursi di DPRD
  5. Umar SE / Abd Salam (Nasdem Palopo) : Modal 3 kursi di DPRD
  6. H. Dahri Suli (Ketua PKB Palopo) : Modal 2 kursi di DPRD
  7. Abduh Bakri Pabe (Ketua PAN Palopo) : Modal 2 kursi di DPRD
  8. H. Haidir Basir (Ketua PPP Palopo) : Modal 2 kursi di DPRD
  9. Pratiwi Lanteng (Ketua Partai Hanura Palopo) : Modal 1 kursi di DPRD
  10. Budi Sada (Ketua Partai Gelora Palopo) : Belum punya kursi di DPRD

Syarat mengusung calon, minimal parpol punya dukungan 5 kursi di DPRD

  • Bagikan