iPhone SE 4 Segera Diluncurkan, Desainnya Dijamin Lebih Unggul

  • Bagikan
iPhone SE 4-Jadwal rilis dan keunggulannya-Tech Times/Getty Image

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pihak IPhone terus memanjankan konsumennya. Dalam waktu dekat akan meluncurkan produk terbarunya, yakni IPhone SE 4. Yah, generasi berikutnya bakal segera diluncurkan.

Kapan?

Seri terbaru ini menjadi salah satu rilisan Apple yang paling ditunggu-tunggu, apalagi perusahaan tersebut diketahui mengalami penundaan selama dua tahun sebelum merilis model barunya.

Namun, perangkat ini masih dibayangi oleh popularitas iPhone 16 dan peluncurannya yang akan datang.

Namun ini adalah perangkat yang layak untuk dicoba begitu sudah rilis, karena rumor mengatakan bahwa jajarannya sedang dirombak secara besar-besaran.

Apa saja keunggulan iPhone SE 4?

Untuk dua model yang sudah ada, iPhone SE menggunakan body iPhone 8 dan menghadirkan teknologi terkini.

Salah satu klaim terbesar di balik iPhone SE generasi ke-4 adalah desainnya.

Akhirnya meninggalkan bodi iPhone 8 dan beralih ke bodi iPhone XR atau iPhone 11 namun hanya dengan satu lensa kamera belakang.

Dimensinya akan menjadi 147,7 x 71,5 x 7,7 milimeter, lebih besar dari versi sebelumnya.

Meski begitu, ia tidak lagi memiliki Tombol Beranda Touch ID tetapi akan memiliki gerakan menggesek, takik, dan ID Wajah.

Laporan dari berbagai orang dalam, dan mereka yang mengetahui perkembangannya semuanya mengklaim bahwa akan ada rilis iPhone SE 4, tetapi dikatakan bahwa iPhone SE 4 tidak akan dirilis tahun ini.

Sebaliknya, hal itu akan terjadi pada tahun 2025, klaim rumor tersebut.

Ada juga ekspektasi yang sangat besar terhadap performa iPhone SE 4 karena kabarnya akan ditingkatkan ke chip yang lebih modern, terutama dengan chip A17 Bionic, prosesor yang konon ditujukan untuk varian dasar iPhone 16.

Selain itu, ia akan menggunakan port USB-C, yang dimulai dengan seri iPhone 15, tanpa port Lightning.

Tidak diketahui apakah akan mendapatkan teknologi 5G yang ditingkatkan dalam rilis ini.

Jajaran iPhone SE

Saat ini, tiga model sudah berada di bawah jajaran iPhone SE, dan tanggal rilis perangkat ini berjauhan, dengan hanya dua rilis yang memiliki frekuensi dua tahun.

IPhone SE pertama dikenal menggunakan bodi iPhone 5s dan merilis pengenalan jajarannya pada bulan Maret 2016, awalnya dianggap sebagai "iPhone 5se".

Kemudian disusul oleh iPhone SE 2, yang dirilis pada masa-masa awal pandemi pada bulan April 2020, dan kini menampilkan bodi iPhone 8, desain bulat dan ramping dari jajaran produk ini, dengan bagian belakang dilapisi kaca.

Namun, meski iPhone SE 3 menggunakan kembali bodi iPhone 8, ia diberi Chip A15 Bionic dan 5G saat hadir pada Maret 2022 lalu, dengan peningkatan lain juga disertakan pada kamera dan banyak lagi.

Ada kekhawatiran bahwa iPhone SE 4 akan dihentikan karena generasi sebelumnya tidak melihat permintaan yang besar, namun masih ada ekspektasi besar di balik perangkat tersebut, apalagi sekarang setelah dua tahun berlalu.

Satu-satunya peringatan untuk iPhone SE 4 saat ini adalah tanggal rilisnya, yang diperkirakan paling lambat pada tahun 2025. (disway/pp)

  • Bagikan