Pemkab Siapkan Rp20 Miliar untuk Proyek Jalan 2024

  • Bagikan
Kondisi jalan rusak di Poros Meli-Radda, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Luwu Utara anggarkan Rp 20 Miliar untuk penanganan, peningkatan dan pemeliharaan jalan pada tahun 2024.

Kepala Dinas PUPR Lutra, Muharwan mengatakan jumlah tersebut tidak termasuk anggaran untuk inpres jalan daerah (IJD).

"Anggaran Rp20 Miliar dikhususkan untuk penanganan, peningkatan dan pemeliharaan jalan di Luwu Utara yang dianggarkan melalui APBD 2024," kata Muharwan, Rabu 17 April 2024.

Sementara, untuk inpres jalan daerah, ia mengungkap sekitar Rp 144 Miliar yang dianggarkan melalui aplikasi sinergitas transparansi integrasi akuntabel (SITIA).

Lanjut Muharwan, setiap tahunnya dilakukan pemeliharaan jalan, namun tahun ini terjadi penurunan jumlah pemeliharaan.

Ia mengaku lokasi pemeliharaan ditentukan berdasarkan skala prioritas, yakni mendahulukan jalan yang dianggap perlu mendapat pemeliharaan sesegera mungkin.
Muharwan mengatakan ada enam ruas jalan yang akan mendapat peningkatan kualitas jalan pada tahun 2024 di Luwu Utara.

"Untuk peningkatan ada enam ruas jalan, sementara untuk yang sejumlah jalan lain akan mendapat pemeliharaan dan juga perbaikan, " tutupnya.
Salah satu jalan yang diusulkan untuk perbaikan jalan melalui inpres jalan daerah adalah jalan poros Meli-Radda, Kecamatan Baebunta.

Usulan anggaran untuk perbaikan jalan tersebut sebanyak Rp 16,35 miliar dengan volume perbaikan sebesar 4,8 kilometer. (jun/rhm)

  • Bagikan