PHRI dan Arsitek Palopo Dorong Irbar Ikut Pilwalkot Palopo

  • Bagikan

PALOPO --- Kalangan Arsitek Palopo dan perkumpulan hotel dan restaurant, meminta penggagas ide "Bersama Membagun Keterpaduan Holistik Kota Palopo", Ir. Irbar Pairing Senobua, MT, untuk ikut dalam pilkada Kota Palopo.

"Harapan kami beliau agar mendaftar diri," ujar Munzir Umar, ST, ketua Arsitek Palopo, kepada Palopo Pos, kemarin.

Harapan dari ketua Arsitek karena memiliki profesi yang bisa paham dalam pembangunan infrastruktur. "Beliau paham dalam penanganan banjir Kota Palopo. Beliau punya link ke pusat kementrian PUPR untuk keterpaduan pendanaan. Karena memang beliau salah satu pernah kasatker PUPR," tandasnya.

Irbar Pairing juga paham tentang masalah air bersih yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Palopo. "Kemudian beliau juga paham tentang tata kota. Ini bisa sejalan, maka kami mengharapkan beliau pulang kampung ke tanah kelahirannya untuk Palopo," imbuhnya.

Hal senada juga dikemukakan Ketua PHRI Kota Palopo, Eri. Harapan dari para pengusaha perhotelan, Irbar Pairing paham tata kota. "Dan beliau juga paham tentang pariwisata. Dua keilmuan ini kalau dipadukan, maka kami dari sektor perhotelan akan mendapat dampak besar," ujarnya.

Menurut Eri, jika Kota Palopo disinggahi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik, Kota Palopo menjadi kota transit maka perputaran ekonomi dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Palopo. "Untuk itu, saat ini kami juga mengharapkan kehadiran beliau untuk pulang kampung, mengabdi untuk kemajuan kampung halaman kelahiran, dan mengaplikasikan diri di Palopo, tidak di Jakarta saja maupun di kalimatan tengah," imbuhnya.

Dorongan kuat dari masyarakat kepada Irbar untuk ikut daftar diri, karena mereka melihat ide toleransi holistik sangat pas untuk Kota Palopo. Mereka meminta dan mendorong IPS ikut pilkada dengan dasar idea dan gagasannya serta pengalamannya dalam birokrasi.(ary)

  • Bagikan