Pj Wali Kota Palopo Ikuti Mattompang Arajang di Bone

  • Bagikan
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, M.Si. --hms--

PALOPOPO.CO.ID, BONE-- Peringatan Hari Jadi Bone ke-694: Pj Wali Kota Palopo Ikuti Mattompang Arajang Bone, 20 April 2024 - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., menghadiri puncak Hari Jadi Bone (HJB) ke-694 tahun, Sabtu (20/04/2024).

Prosesi Mattompang Arajang atau pembersihan benda pusaka yang digelar di halaman Rujab Bupati Bone ini, mengawali proses seremoni HJB.

Kadis Kebudayaan Kabupaten Bone, Andi Murni, mengatakan, sejumlah tamu penting diundang pada kegiatan ini, salah satunya dari Kerajaan Selangor, Malaysia.

"Selain itu, Pemkab Bone juga mengundang 9 kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan (Sulsel)," kata Andi Murni.

"Sembilan kerajaan yang diundang yakni, Addatuang Sidenreng Sidrap, Datu Suppa Pinrang, Datu Sawitto Pinrang, Sombayya Ri Gowa, Karaeng Bontoa Maros, Datu Luwu, Arung Maiwa Enrekang, Karaeng Galesong Takalar, dan Sanro Bone Takalar,” jelasnya.

Andi Murni menambahkan, selain untuk para kerajaan-kerajaan, undangan peringatan HJB juga diberikan kepada seluruh bupati dan wali kota se-Sulsel.

"Ada juga Pj. Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Kajati Sulsel, Pangdam XIV
Hasanuddin, Ketua DPRD Sulsel, Ketua Pengadilan Tinggi Sulsel. Kemudian
para bupati dan wali kota se-Sulsel diundang," katanya.

Murni menambahkan, Pemkab Bone juga mengundang tokoh nasional seperti, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Waketum Golkar Nurdin Halid (NH).

Selanjutnya, kata Murni, ada Anggota DPR-RI, Andi Rio Idris Padjalangi, Andi
Akmal Pasluddin, dan Andi Muawiyah Ramli.

"Juga mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Pejabat yang berdarah Bone juga diundang hadir. Undangan hampir sama dengan tahun sebelumnya,” jelas Murni.

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi SIK MH, turut memberikan kado HJB berupa pemasangan Solar Cell di Sumpanglabbu.

"Sekarang ini Sumpang Labbu sudah terang. Kita juga sudah merevitalisasi makam Raja Arung Palakka dan itu semua kado dari Kapolda Sulsel," terangnya.

Di tempat yang sama, Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menegaskan, perlu kerja-kerja terbaik untuk bersama-sama membangun Sulsel.

"Tahun ini, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran Rp1,7 triliun untuk perbaikan ruas jalan Maros-Bone. Juga Rp900 miliar untuk inpres jalan daerah," kata Bahtiar Baharuddin.

Tahun ini, kata Baharuddin, juga mulai dibangun stadion standar FIFA di Sudiang. Termasuk mulai merancang pelabuhan industri di Pattiro Bajo.

"Kita ingin kembangkan Pantai Timur menjadi pelabuhan barang. Cita-cita kita besar, mewujudkan Indonesia Emas," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum perayaan seremoni HJB ke-694 tahun ini, terlebih dahulu dilakukan ziarah ke makam Raja-raja Bone. (hms/pp)

  • Bagikan