JK Saksikan Proses Tapping PT BMS di Bua

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, BUA-- Mantan Presiden, HM Jusuf Kalla, mendatangi pabrik nikel PT BMS di Desa Karang-Karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulsel, Senin, (12/4/2024).

Kehadiran Jusuf Kalla, menyaksikan proses Tapping atau peleburan nikel di BMS. Didampingi Site Manager PT BMS, Zulkarnaen, menjelaskan mereka mulai Tapping perdana sejak Jumat, 12 April 2024 dua hari pasca lebaran Idul Fitri.

Ia melaporkan kondisi pabrik telah operasi 100 persen dan tidak ada kendala. "Alhamdulillah, pabrik kita sudah menyala dan produksi. Sesuai kapasitas, produksi kita bisa 1.000 ton per hari, tahap awal, kita hasilkan 100 ton per hari," ujarnya.

Didampingi kepala pabrik, Marifat, Zul menjelaskan asap yang keluar dari pabrik merupakan uap air hasil peleburan sleg atau buangan limbah smelter.

"Pabrik kita ramah lingkungan, tidak ada sap hitam. Asap putih itu merupakan uap air yang keluar ketika terjadi peleburan sleg," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, JK meminta perusahaan menjaga kesehatan lingkungan diantaranya dengan menanami pohon di sekitar wilayah selatan pabrik yang dekat dengan Mushollah dan pemukiman warga. (rls/ikh)

  • Bagikan