Pertanahan Toraja Utara Gelar Gerakan Sinergi Reforma Agraria Tahun 2024 di Tikala

  • Bagikan

Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan BPN Kabupaten Toraja Utara Yadi Haryono,SH bersama Sekdis PML A.Yaya Rundupadang, Camat Tikala ,Lurah Tikala dan Staf dari Bank BRI Rantepao di Aula Kantor Kelurahan Tikala. Senin,22 April 2024. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Kantor Pertanahan Kabupaten Toraja Utara menggelar kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Tahun 2024 di Aula Kantor Kelurahan Tikala,Kecamatan Tikala , Kabupaten Toraja Utara Senin, 22 April 2024.

Tujuan kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional tersebut adalah untuk
Memberikan informasi dan narasi yang lebih utuh mengenai Reforma Agraria yang telah dilaksanakan. Mensinkronkan kegiatan terkait dengan penataan aset dan penataan
akses.Mendorong potensi usaha kegiatan penataan akses di kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Mensinergikan tugas dan fungsi para pihak untuk kelancaran kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional.Dan melaksanakan pendampingan peningkatan nilai tambah ekonomi masyarakat melalui fasilitasi pendampingan.

Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan BPN Kabupaten Toraja Utara Yadi Haryono,SH Kepada Palopopos mengatakan kegiatan ini adalah tindak lanjut dari Perpres tahun 2023 tentang percepatan pelaksanaan performa agraria.Dimana performa agraria,merupakan penataan akses dan penataan aset,untuk peningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis pemanfaatan tanah.

"Pada Tahun 2023 , Kantor Pertanahan Kabupaten Toraja Utara telah menerbitkan sertifikat sejumlah 396 yang merupakan sebagai bentuk penataan aset melalui program PTSL.Sertifikat telah dibagikan kepada masyarakat dengan sejumlah tersebut.Nah ,pada hari ini kita laksanakan kegiatan Sinergi dengan Pemerintah daerah,BPN dengan BUMN yaitu Bank BRI.Terus dari Pemda Torut diwakili dari Dinas Peternakan ,Dinas Pemberdayaan Masyarakat ,Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.Dan kegiatan ini,dilaksanakan secara nasional diiringi kegiatan hari Bumi yang dibawakan langsung oleh Bapak Menteri ATR/BPN RI", jelas Yadi Haryono.

Lanjut Yadi Haryono katakan ,Adapun pokok kegiatan ini adalah melaksanakan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional di Kantor Pertanahan se-Indonesia dengan
mendeklarasikan secara bersama.

“Kami berkomitmen untuk bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan cita-cita Reforma Agrariauntuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ReformaAgraria” serta ditandai dengan Penggabungan Puzzle (Gambar Puzzleterlampir) sebagai simbol “Sinergi dan Kolaborasi”.

"Dilanjutkan dengan kegiatan pemberdayaan sesuai dengan potensi masing-masing daerah.Demikian hal ini kami sampaikan untuk dapat dijadikan kerangka acuan pelaksanaan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional Tahun2024", pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Toraja Utara,
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Toraja Utara,Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Toraja Utara dan Staf Cabang PT. Bank BRI Cabang Rantepao Kabupaten Toraja Utara ,Camat Tikala dan Lurah Tikala beserta staf Pertanahan Kabupaten Toraja Utara.(Albert)

  • Bagikan