Desk Pilkada PKB Toraja Dibuka, Nasdem Langsung Respons

  • Bagikan

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Tana Toraja, Ismail Isak Solle

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKALE - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tana Toraja membentuk Desk Pilkada menghadapi Pilkada Serentak 2024. Pendaftaran terbuka untuk umum mengikuti instruksi DPP PKB.

Desk Pilkada PKB Toraja ini dibentuk sejak Sabtu (20/04/2024) di bawah komando Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Tana Toraja, Ismail Isak Solle, sebagai penanggung jawab.

Selain melalui DPC Toraja, PKB juga membuka pendaftaran Cakada secara online melalui www.sicakada.pkb.id.

Setiap pendaftar wajib mengisi formulir yang disediakan dan melampirkan berkas seperti fotocopy ijasah dari sekolah dasar hingga minimal sekolah menengah atas (SMA). Juga melampirkan pasfoto 4x6.

Sejak desk Pilkada ini dibuka, PKB sejauh ini sudah dihubungi beberapa pihak untuk mendaftarkan kandidatnya, meski tak memiliki kursi di parlemen. Salah satunya adalah Nasdem yang ingin mengajak koalisi.

"Nasdem sebenarnya dapat mengusung sendiri satu pasangan kandidat di pilkada dengan perolehan 6 kursi di pemilu 2024. Tapi, saya melihat Nasdem selalu butuh teman untuk satu tujuan yang baik," ungkap Ismail, kepada wartawan, Selasa (23/04/2024).

Ismail mengaku sempat dihubungi Ketua Nasdem, Evivana Rombedatu, untuk membangun komunikasi politik menjelang pilkada.

"Sebagai teman, Bu Ketua (Nasdem) mengajak komunikasi. Ini demi Toraja yang lebih baik ke depan. Saya kira, PKB dan Nasdem punya visi misi yang sama membangun daerah," katanya.

Hanya saja, dia masih belum menyebut siapa kader Nasdem yang akan didorong untuk bertarung di pilkada ke depan.

Di pilkada lalu, Nasdem mengusung pasangan Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara sebagai Cabup-Cawabup Tana Toraja berkoalisi dengan Golkar, Gelora, dan Perindo.

"Kita masih sebatas komunikasi politik dan mengajak untuk bekerja sama membangun daerah. Tentang siapa yang akan diusung, kita tunggu Nasdem saja. Namun, bukan berarti kita menutup komunikasi dengan parpol lain yang ingin mengajak berkoalisi," jelasnya.

Sebelumnya, mantan jurnalis yang kini merambah dunia usaha ini, mengungkapkan beberapa figur potensial memenangkan Pilkada Tana Toraja 2024.

Di antaranya Nicodemus Biringkanae (Nasdem), Victor Datuan Batara (Golkar), Zadrak Tombeg (Gerindra), John Rende Mangontan (Golkar), Sarce Bandaso (PDIP), Dewi Sartika Pasande (Demokrat), dan Kombes (Purn) Dharma Lelepadang.

Menurutnya, figur tersebut semuanya memiliki keistimewaan masing-masing dan potensi memenangkan pilkada. Hanya saja, memang dibutuhkan figur yang betul-betul memiliki kans untuk menang.

Kalau figur Wabup, ada beberapa nama juga sempat mengemuka, seperti Kajari Makale Erianto L. Padaunan, John Diplomasi (Demokrat), Kristian HP Lambe (Demokrat) Herman Opi Sanda (pengusaha, PDIP), Kiding (pengusaha), Sarwindy Biringkanae (Nasdem), Semuel Tandirerung (Nasdem), serta Andarias Tadan dan Sony Palulungan (Hanura).

"Kita lihat siapa yang kuat surveinya dan dapat diterima di hati masyarakat, kita siap usung. Semua parpol saya kira ingin menang untuk pilkada ini," tandasnya.

Ketika ditanya adakah kader PKB yang disiapkan untuk pilkada minimal sebagai cawabup, dia menyebut dirinya dan kader PKB lainnya siap maju mendampingi jika dinilai pantas untuk itu.

"Kalau menurut orang pantas yah kita siap saja. Politik tidak pernah membatasi siapa yang hendak berkompetisi. Semua bisa saja terjadi di luar perkiraan. Tapi kita tahu dirilah. Jika hanya sebagai pengusung atau pendukung, kita siap saja. Partisipasi politik itu tidak harus sebagai figur yang bertarung, tapi secara kepartaian kan bisa menang dengan mengusung figur untuk menang," pungkasnya.(*/pp)

  • Bagikan