Pertamina Patra Niaga Sulawesi Sukses Penuhi Kebutuhan Energi Selama Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 1445 H

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASAR -- PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi sukses mengawal pasokan energi utamanya produk BBM, LPG dan Avtur bagi masyarakat di Sulawesi pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Hal itu terlihat pada penutupan Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas Rafi) di Kantor Pertamina Regional Sulawesi, yang mana Satgas Rafi Pertamina sendiri telah berjalan sejak 15 Maret hingga 21 April 2024.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, mengatakan keberhasilan Pertamina menjalankan Satgas Rafi berkat koordinasi dan kerjasama yang baik lintas stakeholders serta dedikasi seluruh tim Pertamina yang bertugas sesuai fungsinya masing-masing.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh stakeholders terkait yaitu Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kota, Pemerintah Daerah, serta TNI dan Polri yang berperan aktif mensukseskan distribusi energi kepada masyarakat diseluruh wilayah Sulawesi. Dan tak lupa apresiasi setingginya juga kepada internal Pertamina yang selalu sigap mengawal energi terutama selama masa Satgas ini,” ucap Erwin.

Erwin menambahkan bahwa Satgas tahun ini berjalan dengan lancar, “Alhamdulillah Pertamina Regional Sulawesi dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dalam masa Ramadan dan Idul Fitri ini, sehingga kebutuhan energi masyarakat dapat terpenuhi. Keberhasilan ini tercermin pada angka angka realisasi konsumsi BBM, LPG dan Avtur,” imbuhnya.

Erwin mengungkapkan beberapa catatan, “Terjadi kenaikan tertinggi pada beberapa produk seperti penggunaan Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) mengalami kenaikan sebesar 8,6% dari penggunaan normal harian yakni 7.380 KL/day, dimana puncak penyaluran terjadi pada H-1 lebaran sebesar 10.886 KL atau penambahan 32% dari penyaluran normal. Untuk LPG mengalami kenaikan sebesar 2,5% dari penggunaan normal harian yakni 1.904 MT/day, dimana puncak penyaluran terjadi pada 08 April 2024 yakni sebesar 2.179 MT/day atau 12,6% dari penyaluran normal,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Area Manager Communication, Relation, dan CSR Sulawesi Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyebutkan dukungan extra dalam momen Ramadan dan Idul Fitri ini, “Pertamina dalam mendukung kelancaran Ramadan dan Idul Fitri menambah layanan berupa 53 titik Pertamina Delivery Service (PDS) BBM dan LPG existing, 148 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Siaga selama 24 jam serta 413 Agen & Outlet LPG Siaga untuk mengcover wilayah demand yang tinggi, dan juga menyediakan 16 SPBU Kantong (Mobile Storage) se-Sulawesi yang siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan jalur wisata serta menyiapkan 2 Serambi MyPertamina untuk menambah kenyamanan pemudik yaitu di SPBU 74.907.57 Bojo Kabupaten Sidrap dan di SPBU 74.916.77 Kabupaten Sidenreng Rappang,” jelasnya.

Fahrougi menjelaskan selama masa Satgas Rafi terjadi beberapa kali bencana alam banjir dan longsor dibeberapa wilayah seperti Bitung, Gorontalo, dan Tana Toraja. Namun, kesiapan Pertamina dengan menyiapkan Regular Alternatif Emergency (RAE) dapat mengatasi kendala tersebut sehingga distribusi BBM dan LPG dilokasi bencana tetap aman terkendali.

Kesiapan Pertamina dalam memenuhi energi di momen-momen hari raya seperti ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, Fahrougi mengucapkan apresiasi kepada rekan-rekan media dalam memberikan informasi kepada masyarakat sehingga Satgas Rafi dapat berjalan dengan baik.

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk rekan rekan media yang memberikan informasi yang berimbang dalam masa Satgas Rafi sehingga kebutuhan energi masyarakat tercukupi dengan baik dan kini masyarakat telah beraktivitas kembali dengan normal. Harapannya selama masa Satgas Rafi, seluruh konsumen mendapatkan kenyamanan selama masa liburannya,” tutup Fahrougi.

Apabila masyarakat memerlukan informasi tambahan mengenai produk ataupun penyampaian keluhan, dapat menghubungi ke Pertamina Call Center (PCC) 135.(rls/idr)

  • Bagikan