Viral, Pertalite Dicampur Minyak Kayu Putih Diklaim Naikkan Kadar Oktan, Ini Penjelasan Pertamina

  • Bagikan

Foto: TikTok @PrabzGarage

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Video viral menggemparkan. Yakni, soal Pertalite dicampur Minyak Kayu Putih diklaim naikkan kadar oktan oleh
pengendara motor.

Melihat hal itu, pihak Pertamina pun angkat suara.

Senior Supervisor Comrel PT Pertamina Regional Sulawesi Romi Bachtiar mengatakan, pihaknya belum menguji coba eksperimen seperti yang viral di media sosial. Ia hanya menjamin produk yang aman adalah yang memang produk asli Petamina.

“Karena produk Pertamina udah melalui uji sertifikasi sebelum ke konsumen akhir,” kata Romi saat dikonfirmasi fajar.co.id (grup palopopos) melalui WhatsApp, Selasa, 23 April 2024.

Romi pun mengimbau agar konsumen tidak mencampur Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dibeli di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Belinya sesuai dengan standar yang dijual di SPBU tanpa campuran apapun,” ujarnya.

Produk Pertamina, kata dia, telah melalui proses quality control. Itu dilakukan untuk memastikan produk BBM sesuai spesifikasi dan standar yang ditentukan.

“Sebelum produk BBM bisa masuk tangki timbun di Fuel Terminal BBM, Pertamina terlebih dahulu memastikan produk BBM yang disuplai dari kilang memiliki certificate of quality,” jelasnya.

Kemudian setelah itu, Romi mengatakan barulah produk BBM yang disuplai lewat pipa akan diuji speknya selama pemompaan ke tangki timbun, proses suplai melalui kapal juga dilakukan pengujiannya.

“Setelah dari tangki timbun, produk BBM dalam kapal tersebut akan diuji dulu kelayakannya, jika sudah sesuai dengan spek maka akan diuji juga ke pemompaan produk BBM dari kapal ke tangki timbun,” ujarnya.

Sebelum mobil tangki timbun dapat keluar dari Fuel Terminal BBM dan menuju SPBU tujuannya, produk BBM akan kembali diuji di pintu keluar.

“Selain uji kualitas di Fuel Terminal BBM, Pertamina Patra Niaga juga melakukan pengecekan sebelum proses bongkar BBM dari mobil tangki hingga setelah seluruh produk BBM sudah tersalurkan ke tangki pendam SPBU,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video seorang pengendara mencampurkam minyak kayu putih ke tangki sepera motornya viral di media sosial. Cara itu disebut dilakukan untuk menaikkan kadar oktan bahan bakar.

Video itu awalnya diunggah akun TikTok @PrabzGarage. Terlihat seseorang memasukkan cairan minyak kayu putih ke dalam tangki motor yang sudah terisi Pertalite.

"Rutinan guys, minyak kayu putih campur bensin, biar naik oktannya. Semacam oli samping (untuk) matic," kata pria berjaket hitam tersebut, dikutip Selasa (23/4/2024).

Usai mengisi minyak kayu putih ke dalam tangki kendaraan, pemilik kendaraan tersebut tampak menggoyang-goyangkan kendaraannya ke kiri dan kanan. (fjr)

  • Bagikan