Mahasiswa KKLP Stisip Veteran Palopo Dilindungi BPJamsostek

  • Bagikan
BPJS Ketenagakerjaan Palopo saat memberikan sosialisasi terkait program jaminan kepada para peserta KKLP belum lama ini.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo (BPJamsostek) memberikan jaminan perlindungan kepada 70 mahasiswa Stisip Veteran Palopo yang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) di 4 kabupaten kota di Luwu Raya.
Dalam kegiatan pembekalan KKLP kepada para mahasiswa peserta KKLP di kampus I Stisip Veteran Palopo, BPJS Ketenagakerjaan Palopo hadir untuk memberikan sosialisasi terkait program jaminan kepada para peserta KKLP belum lama ini.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo, Mu’minati mengatakan selama beberapa tahun ini Stisip Veteran Palopo setiap menggelar kegiatan KKLP telah bekerjasama dengan pihaknya untuk memberikan jaminan perlindungan kepada mahasiswa sebagai peserta KKLP.
“Di Stisip Veteran Palopo terdapat sejumlah mahasiswa yang mengikuti KKLP, jadi yang namanya bekerja itu perlu mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengantisipasi resiko-resiko bila terjadi kecelakaan kerja ataupun resiko kematian di lapangan atau di tempat KKLP ataupun perjalanan dari dari tempat tinggal ke tempat KKLP dan sebaliknya,” ujar Muminati, Kamis 25 April 2024.

“Jadi pada intinya mereka bisa terlindungi kecelakaan kerja dan kalau ada resiko kematian, sudah dilindungi juga oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jadi meringankan mereka agar tidak menjadi beban apabila terjadi resiko kecelakaan kerja maupun kematian di tempat KKLP karena sudah mendapatkan perlindungan berupa jaminan sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.
“Harapan kami kedepannya agar semua yang mengikuti KKLP harus terlindungi semua. Kami sangat menyambut baik kampus stisip sudah memberikan lebih awal perlindungan kepada mahasiswa yang mengikuti KKLP” imbuh Muminati.

Terkait perlindungan kepada pelajar yang mengikuti Kuliah Kerja Lapangan maupun Praktik Kerja Lapangan, Selain Stisip Veteran, Universitas Muhammadiyah Palopo juga telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi mahasiswa saat mengikuti KKL. Kemudian Unanda sudah kerjasama, UNCP dan seluruh SMK se kota Palopo. Karena pentingnya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan terhadap mahasiswa atau siswa yang mengikuti KKL atau PKL.

Sementara itu, Ketua STISIP Veteran Palopo, Abd Salam Thamrin mengatakan dalam kegiatan KKLP ini pihak kampus tidak pernah melepas mahasiwanya begitu saja tetapi memberikan pembekalan dan perlindungan agar dalam pelaksanaan kegiatan KKLP ini para mahasiswa bisa aman dan kegiatan KKLP yang di ikuti bisa berjalan dengan baik.

“Stisip Veteran Palopo dalam melepas mahasiwanya terkait dengan kegiatan KKLP tidak dilepas begitu saja,tetapi selama ini kami berkerjasama dan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan ketenagakerjaan kepada masing-masing peserta KKLP jangan sampai terjadi resiko di lapangan untuk itu kami mendaftarkan mereka untuk mendapat jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJs Ketenagakerjaan,” ujar Salam.(rhm)

  • Bagikan