Pelayanan Inovatif dan Kreatif

  • Bagikan

* Imigrasi Palopo Perkenalkan Aplikasi M-Paspor di Acara Senam Bersama Forkopimda

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO –— Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo di bawah kepemimpinan Benyamin K Harahap, SH terus berbenah. Hasilnya sudah terasa. Pelayanan yang inovatif dan kreatif.
Memang semenjak masuk jadi kepala kantor imigrasi (kakanim), Benyamin K Harahap, membenahi pelayanan. Ia juga menyulap singkat ruangan-ruangan di area kantornya.

Sesuai dengan motto di Hari Bhakti Imigrasi ke-72, “Bangkitnya Pelayanan Revitalisasi Penegakan Hukum dan Keamanan Untuk Negeri”.
“Ya, pelayanan pengurusan paspor sudah lebih nyaman,” tegas Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI, Benyamin K. Harahap, SH. “Tidak perlu lagi isi formulir,” lanjut dia.

Sambungnya, semua sudah dilayani dengan by sistem dengan aplikasi terpadu yang dibawa dari Belawan. “Kami juga gratiskan biaya foto copy. Kasihan kalau mau ke sana kemari foto copy. Jadi ada kami siapkan foto copy sini,” terang Benyamin K Harahap, SH, usai penandatanganan MoU kerjasama dengan pihak Palopo Pos, Jumat 28 Januari 2022, di ruang kerjanya.

Ia sudah tahu dan pengalaman mengenai kelemahan mengisi formulir. Selain butuh waktu yang lama dan panjang, ini juga rentan menimbulkan calo. “Ini yang saya hindari. Makanya metode yang sudah dilakukan di Belawan saya bawa ke sini. Aplikasi ini kami lihat langsung ke Batam bersama kepala kantor Imigrasi Belawan kala itu,” ucapnya.

Lanjutnya, terobosan ini satu-satunya di Sulawesi Selatan. “Karena memang wilayah kerja kami luas. Malah ada dari Kolaka. Karena jaraknya lebih dekat kalau ke Kendari,” tambahnya dalam perbincangan santai dengan Dirut Palopo Pos Amran Suyuti.

“Ada juga dari Bulukumba, Enrekang, Wajo, dan daerah lainnya. Karena di sini sudah serba cepat,” tambahnya. Selain itu, orang yang datang mengambil paspor tidak perlu lagi masuk ke dalam. Mereka cukup di atas mobil untuk mengambil paspor. Di Imigrasi sudah disiapkan loket untuk melayani masyarakat. “Pelayanan ini mirip di mall-mall. Cukup di atas mobil, lalu, paspor diserahkan lewat loket,” tambahnya.

Imigrasi Palopo sepakat melakukan kerjasama dengan pihak Palopo. Dari Imigrasi Palopo diwakili oleh Benyamin K Harahap, SH sebagai kepala kantor Imigrasi Kelas III Non TPI. Dari Palopo Pos dilakukan langsung oleh Amran Suyuti sebagai Direktur Utama Palopo Pos.

Drektur Utama Palopo Pos Amran Suyuti (kanan) foto bersama dengan Kepala Kantor Imigrasi Palopo Benyamin K Harahap, SH (kiri). ARYANTO/PALOPO POS

Dirut Palopo Pos Amran Suyuti mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama ini. “Semoga ke depan Imigrasi Palopo makin jaya. Selamat ya memperingati hari Bhakti Imigrasi ke-72,” ujar dirut Palopo Pos.

Sebelum penandatanganan MoU, kepala kantor Imigrasi Palopo, pejabat strukturalnya, staf, unsur forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dan pimpinan instansi vertikal, melakukan senam bersama. Dimulai pukul 7 pagi sampai selesai.

Hadir dalam senam bersama Wakil wali Kota Palopo Rahmat Masri Bandaso, Sekkot Palopo, Firmanzah, Dandim 1403 Sawrigading Letkol Inf Gunawan, Kapolres Palopo, AKBP Muh Yusuf, ketua DPRD, ketua pengadilan, kejari, dan lainnya. Juga hadir Kepala KPPN Palopo, Ikhwan Mahmud, dan instansi vertikal lain.

Suasana kebersamaan tampak terasa di sen bersama tersebut. Kakanim Palopo mengucapkan banyak terima kasih atas support dan dukungan pemerintah kota dan instansi vertikal lainnya. “Terima kasih kami ucapkan,” ujar Benyamin K Harahap, kakanim Palopo.

Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso mengapresiasi layanan Imigrasi Palopo yang serba cepat tanpa antre lagi. Pengurus paspor tidak nunggu lama. Cukup daftar online lewat WA, masyarakat sudah dilayani. “Kita patut apresiasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Palopo memperkenalkan aplikasi M-Paspor di acara senam bersama. Wawali Palopo, H Rahmat Masri Bandaso, menyambut baik aplikasi M-Paspor ini. Orang nomor dua di Palopo yang akrab disapa RMB ini menyebut Imigrasi Kelas III Non-TPI Palopo semakin inovatif dan kreatif menyuguhkan pelayanan ke masyarakat Palopo dan Luwu Raya pada umumnya.(ary)

  • Bagikan