Inovasi Imigrasi Palopo ‘Mappangerah’

  • Bagikan
  • Benyamin: Layanan Kapolo Mappangerah Tetap Memerhatikan Protkes

PALOPO — Segenap ASN Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo yang dikomandoi oleh Kepala Kantor Benyamin Kali Patembal Harahap, SH terus senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui serangkaian inovasi-inovasi pelayanan. Salah satu inovasi andalan Kantor Imigrasi Palopo adalah Kapolo Mappangerah (Kantor Imigrasi Palopo Melayani di Tanggal Merah). Sesuai dengan nama inovasinya, petugas Kantor Imigrasi Palopo memberikan pelayanan di tanggal merah (hari libur, red). Pelayanan ini ditargetkan bagi pemohon yang pada saat hari kerja tidak dapat datang ke Kantor Imigrasi Palopo untuk bermohon paspor.

Seperti yang terekam Selasa 1 Februari 2022 yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek, petugas Kantor Imigrasi Palopo hadir melayani masyarakat yang datang ke Kantor Imigrasi Palopo. Dalam menyemarakkan Tahun Baru Imlek, petugas pelayanan memakai pakaian bernuansa merah. Selain dilaksanakan pada tanggal merah atau hari libur, Kapolo Mappangerah menerapkan kebijakan yang berbeda dibandingkan pada hari kerja yakni pemohon paspor baru maupun penggantian dapat dilayani tanpa melakukan pendaftaran online.

“Kapolo Mappangerah diciptakan untuk memberikan pelayanan keimigrasian khususnya pemohon paspor yang pada hari kerja sangat sibuk dan tidak bisa datang ke Kantor Imigrasi Palopo. Selain itu, bagi masyarakat atau pemohon yang datang ke Kantor Imigrasi Palopo tidak perlu melakukan pendaftaran online,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Palopo, Benyamin Kali Patembal Harahap. ”Jadi selain bagi pemohon yang sibuk pada hari kerja, layanan inovasi ini juga diperuntukkan bagi pemohon yang tidak mendapatkan antrean sehingga masyarakat dapat terlayani semuanya,” tambah kepala kantor yang dikenal memiliki segudang inovasi dan kreatif.

Di tanggal 1 Februari 2022, terdapat 1 pemohon yang dilayani melalui inovasi pelayanan ini. Pemohon yang berprofesi sebagai pelaut tersebut menyampaikan sangat terbantu dikarenakan dia tidak mendapatkan kuota pada hari kerja sehingga memanfaatkan layanan inovasi ini.
Proses pelayanan Kapalo Mappangerah berjalan lancar dan tanpa ada hambatan. ”Layanan Kapolo Mappangerah senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan persebaran Covid-19 yang ketat,” lanjutnya.(ary)

  • Bagikan