Ajak Siswa Berdemokrasi, Pemilihan OSIM MAN Tana Toraja Gunakan Sistem Pemilu

  • Bagikan

Pemiihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM masa bakti tahun 2022-2023 di Madrasah MAN Tana Toraja digelar secara sistem pemilu, Jumat (18/2/2022). –risna–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Pemiihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) masa bakti tahun 2022-2023 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja digelar secara sistem pemilu, Jumat (18/2/2022).

Hal itu bertujuan mengajak siswa-siswi MAN Tana Toraja untuk berdemonstrasi yang pemilihannya diikuti seluruh peserta didik dan staf pengajar atau guru.

Ada yang berbeda, jika biasanya pemilihan dilakukan secara vooting, kali ini Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di Tana Toraja ini melakukan pemilihan dengan cara sistem Pemilihan Umum (Pemilu).

Pembina OSIM MAN Tana Toraja, Riska menjelaskan tujuan digelar pemilihan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan tata cara Pemilu bagi pelajar.

“Model pemilihan seperti Pemilu ini baru kami gelar tahun ini, karena sebelumnya saat pandemi Covid-19 hanya dilakukan secara online dan sistem vooting,” ujarnya.

Kata Riska, selain itu tujuannya juga agar anak-anak terbiasa dengan model pemilihan seperti Pemilu yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara Kepala MAN Tana Toraja, Sampe Baralangi mengatakan, momentum pemilihan sistem Pemilu ini menjadi ajang mengedukasi peserta didik tentang demokrasi.

“Semuanya memiliki hak yang sama untuk memilih, pihak sekolah mendukung ide ini dengan menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblos,” terang Sampe.

Saat proses pemilihan, siswa-siswi diharuskan mengantri dan menunggu giliran mengambil kertas suara yang dibagikan panitia penyelenggara, kemudian menuju bilik suara melakukan pencoblosan.

Setelah itu siswa memasukkan surat suara ke kotak suara, kemudian mencelupkan jari ke dalam tinta agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Selama proses pemilihan berlangsung tetap diberlakukan aturan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Risna)

 

  • Bagikan