Hari Ini, Disdag Palopo Pantau Migor di Distributor hingga Pengecer

  • Bagikan
  • 117 Ribu Liter Migor Tiba di Sulsel

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA– Kabar gembira bagi Ibu Rumah Tangga (IRT). Sebanyak 117.939 ribu liter minyak goreng (Migor) tiba di Sulsel pada 14-15 Februari 2022. Dan diperkirakan, jatah kab/kota tiba di masing-masing daerah pada 17 Februari 2022.

”Hari ini (Jumat), kita akan cek ke distributor sampai pengecer. Apakah jatah Migor untuk Kota Palopo sudah tiba,” jelas Kepala Dinas Perdagangan Palopo, Nuryadin SH MSi MH didampingi Kabid Perdagangan, Hj Nurbaety kepada Palopo Pos di ruang kerjanya, Kamis, 17 Februari 2022.

Lanjut Nuryadin, informasi jatah dan jadwal distributor Migor tersebut, disampaikan Menteri Perdagangan RI, M Lutfi melalui meeting zoom yang dikuti Kadis Pedagangan Palopo bersama jajarannya, Kamis kemarin. Meeting zoom ini diikuti pula Dinas Perdagangan kab/kota se Indonesia.

Hanya saja, Nuryadin belum merincikan berapa liter jatah Migor untuk Kota Palopo.

Ditambahkan Hj Nurbaety, ada 19 distributor yang mensuplay Migor di Palopo, diluar distributor ritel moderen dan migor curah. Distributor tersebut tidak khusus Migor, melainkan barang campuran.

Adapun distributor tersebut yakni PT Wira Eka Persadatama Jl. Kampung Baru Home Base Kel. Batu Walenrang, CV Kembar Jaya Jl. Sungai Rongkong, PT Indomarco Adi Prima Jl. Jenderal Sudirman Kel Takkalala, PT Pinus Merah Abadi Jl. Yogi S Memed, CV Winars Jl. Islamic Centre, PT Mahameru Mitra Makmur Jl. Batara, PT Subur Sentosa Jl. Ahmad Razak.

Lalu Sinar Mentari di BTN Pepabri, PT Sinar Niaga Sejahtera Jl. Ahmad Razak Kel Pajalesang, PT Sonta Mulia Abadi Jl. Sungai Rongkong, PT Wira Eka Persadatama Jl. Kampung Baru Home Base Kel Batu Walenrang, PT Putri Ayu Nusantara Jl. Muh Kasim, PT Bukit Inti Makmur Abadi Jl. Dr Ratulangi, PT Bintang Orient Jl. Jenderal Sudirman – Songka, CV Sinar Mentari Jl. I Gusti Ngurarai – Bara.

Kemudian, PT Sarurindo Ridho Pratama Jl. Opu Dg Mappunya (dekat Permandian Wae Kan Bas), PT Mitra MKS Jl. Poros SMAN 5 Lumandi, PT Sinar Gowa Sukses Jl. Ahmad Razak, dan PT Pelita Makmur Jl. Dr Ratulangi (Lortong Lapas).

Dengan tibanya jatah Migor kab/kota pada 17 Februari, maka paling lambat Senin depan, stok dan harga Migor di Kota Palopo sudah normal. Sehingga diimbau kepada distributor untuk menjual Migor sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 3 dan No. 6 tahun 2022 tentang ketersediaan stok dan Harga Eceran Tertinggi (HET) Migor. Adapun HET migor curah Rp11.500 per liter. HET migor kemasan Rp14 ribu per liter.

”Jika ada distributor dan pengecer yang masih menjual Migor di atas HET, maka kami (Disdag) akan laporkan ke pihak berwenang,” tegas Nuryadin.

Pantauan Disdag Palopo Kamis kemarin, Migor curah di pasaran masih kosong. Sementara Migor kemasan stok ada, tapi terbatas dan harganya masih di atas HET. Sedang di ritel moderen juga ada stok tapi terbatas, dan harga sesuai HET Rp14 ribu per liter. (ikh)

  • Bagikan