Tanah Bergerak, Jalan Aspal Turun di Tomoni

  • Bagikan

* Syahrir: Masuk Kategori Bencana Alam

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI– Akibat tanah bergerak, jalan aspal ruas Rante Mario – Ujung Baru, Kec. Tomoni, Kab. Lutim, mengalami penurunan 16 centimeter dengan panjang 16 meter, Kamis, 17 Februari 2022. Kerusakan ini masuk kategori bencana alam.

Proyek jalan aspal ruas Rante Mario – Ujung Baru saat ditinjau Inspektorat pada akhir Januari 2022 lalu.
–ft: istimewa


Hal tersebut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Timur, Syahrir Syahruddin ST MSi melalui rilis kepada Palopo Pos, Jumat, 18 Februari 2022.

Menurutnya, kerusakan tersebut bukan kesalahan rekanan. Ini sudah masuk kategori bencana karena hujan terus menerus ditambah lagi di sebelahnya sudah dilakukan penebangan/peremajaan kelapa sawit. Jadi peresapan air sudah tidak ada.

Pada daerah ini, harus dilakukan perlakuan khusus dengan penelitian tanah secara booring atau sondir. Penanganannya bisa dengan geotextile atau ada mata air/sungai kecil di bawahnya. Jadi harus dibuatkan jembatan/box culver/aramco.

Ditambahkan, jalan yang turun tersebut merupakan proyek peningkatan jalan atau pengaspalan Rante Mario – Ujung Baru. Sudah serah terima pertama dan sekarang masih dalam masa pemeliharaan sampai Juli 2022. Anggarannya juga belum terbayar 100 persen.

”Tinggal nanti mau dirapatkan bagaimana penanganannnya. Karena kalau penanganan khusus dan penelitan tanah dengan sondir atau booring, baru bisa diketahui penanganannya. Seperti penambahan geotextile, jembatan/box culver/aramco, itu tidak ada dalam kontrak,” jelas Syahrir. (ikh)

  • Bagikan