Satu Unit Rumah Tongkonan Hangus Terbakar di Mengkendek

  • Bagikan

Rumah Tongkonan (rumah adat Toraja) yang hangus terbakar saat dipadamkan pemadan dan Polri di Dusun Boyo Kaluku Tinoring, Lembang Ke’pe, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatatan, Rabu (23/2/2022) dini hari. –risna–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Satu unit rumah Tongkonan (rumah adat Toraja) hangus terbakar di Tinoring, Lembang Ke’pe, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Rabu (23/2/2022) dini hari.

Kejadian terjadi pukul 02.00 Wita di RT Boyo Dusun Boyo Kaluku yang menghanguskan rumah milik Mama Enos (50 tahun).

Pasca kebakaran, personel kepolisian dari Polsek Mengkendek dipimpin Regu 3 Piket Jaga, Bripka Nataniel M. Tombi, bersama Bamin Ops SPKT Polres Tana Toraja, Bripka Aristian Rante beserta personel mendatangi TKP.

“Saat peristiwa terjadi, korban atau pemilik rumah dalam keadaan tidur dan mendengar suara atap berjatuhan, kemudian korban bangun dan melihat rumah sementara terbakar api,” ujar Bripka Nataniel saat dikonfirmasi.

Kobaran api yang begitu cepat menyebar di atas longa rumah Tongkonan, kemudian Mama Enos berteriak minta tolong ke tetangganya.

Warga yang berada di lokasi kemudian secepat mungkin menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) pada dini hari itu.

Api baru berhasil dipadamkan setelah menghabiskan satu unit rumah beserta isinya pukul 02.30 Wita.

“Tidak ada korban jiwa karena korban menyelamatkan diri secepat mungkin, dan tidak sempat menyelamatkan isi rumah,” terang Nataniel.

Kerugian dialami korban capai ratusan juta. Dari keterangan Mama Enos, rumah adat Tongkonan dalam keadaan kosong, karena dirinya tidur di sebelah rumah Tongkonan.

Dugaan sementara penyebab peristiwa kebakaran yaitu arus pendek listrik. (Risna)

  • Bagikan